banner 1200x250

267 Narapidana Lapas Batang Dapat Remisi di HUT Ke-77 RI 

banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia (RI). Sebanyak 267 narapidana dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Batang menerima remisi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

Pada momen Hari Kemerdekaan Indonesia ini juga sangat dinantikan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIB Batang.

banner 1200x250

Kepala Lapas Kelas IIB Batang Rindra Wardhana mengatakan, bahwa narapidana yang diusulkan untuk mendapatkan remisi telah memenuhi persyaratan sesuai undang-undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2022 tentang permasyarakatan peraturan menteri hukum dan hak asasi manusia RI nomor 7 tahun 2022 tentang syarat pemberian remisi.

Baca Juga :HUT RI Ke-76, 127 WBP Rutan Batang Terima Remisi

“Remisi umum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi syarat administratif dan subtantif, diantaranya telah menjalani pidana minimal 6 bulan dan tidak terdaftar pada register F serta telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh lapas,” katanya usai Upacara HUT Ke-77 Republik Indonesia di Alun-Alun Kabupaten Batang, Rabu (17/8/2022).

Remisi umum (RU) I sebanyak 227 orang , RU II sebanyak 1 orang dengan catatan belum bisa keluar, karena masih menjalani subsider hasil persidangan, Register F sebanyak 11 orang, pencabutan PB sebanyak 6 orang, dan belum ada 6 bulan masa pidana sebanyak 22 orang jadi jumlah totalnya ada 267 orang yang 70% kebanyakan kasus penyalahgunaan Narkoba.

Para narapidana, lanjut dia, ini terlibat kriminal umum. Seperti Narkotika, pembunuhan dan penipuan. Sementara, pengurangan masa hukuman tergantung dari masa pidananya.

Adanya remisi ini, maka para Napi dapat merubah pola pikir menjadi lebih baik lagi. Mereka bisa menyadari kesalahannya sehingga mempercepat reintegrasinya ke masyarakat.

Baca Lainnya : Upacara HUT Ke-77 RI, PJ Bupati Batang : Sejarah Adalah Tauladan Lengkap

“Yang jelas tujuan dari sistem pemasyarakatan salah satunya seperti itu. Bisa memberikan motivasi kepada warga binaan di lapas untuk bertindak lebih baik. Makanya salah satu syarat remisi kepada mereka adalah berkelakuan yang baik,” ujar dia.

banner 1200x200