banner 728x250

Akpol 96 Bongkar Rahasia Perjuangan Polisi Saat Disudut Tak Terliput

Launching Buku berjudul 'Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput'

Akpol 96 launching buku berjudul, 'Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput'
Akpol 96 melaunching buku berjudul 'Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput'. Foto : ist
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM – Akademi Kepolisian angkatan 1996 (Akpol 96) melaunching buku berjudul ‘Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput’. Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono membeberkan isi buku tersebut.

“Hari ini melakukan peluncuran buku ‘Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput’. Buku ini disusun oleh Mas Aji tapi inisiasi oleh Pak Karo Binkar kemudian Pak Kapolres Jaksel, Pak Budhi,” kata Wakapolri, Komjen Gatot Eddy dalam acara peluncuran buku di Jakarta, Senin (27/6/2022).

banner 325x300

Gatot kemudian membeberkan isi dari buku tersebut. Dia menyebut buku ini mengulas kegiatan kepolisian yang tidak terpublish oleh awak media.

BACA JUGA : Cerita Pengalaman Bripka Dody Handoko dan Briptu Gondomono Dalam Misi Perdamaian di Sudan

“Disitu kita melihat bagaimana anggota-anggota kita yang berada di ujung tombak yang tidak terlihat dari Sumatera, Jawa, Bali, Maluku, Nusa Tenggara sampai Papua semua dilihat,” kata Gatot.

Penulis melihat bagaimana anggota-anggota kita ini bertugas di lapangan dengan segala kekurangan-kekurangan yang dimilikinya, tapi mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada.

“Sehingga apa yang jadi harapan masyarakat dimana tempat dia bertugas itu bisa dilihat oleh masyarakat dari tulisan yang dibuat oleh Mas Aji,” Jelasnya.

Eks Kapolda Metro Jaya ini menyebut dibuku ini dibeberkan terkait peran kepolisian di daerah ditengah keterbatasan mereka. Kepolisian di daerah digambarkan mampu menjalankan kebijakan yang ada di pusat dengan segala keterbatasannya.

BACA JUGA : Sespimmen Polri Apresiasi Call Center 112 Batang

“Penulis berupaya melihat, meneropong jauh di sudut-sudut anggota kita yang bertugas ini. Anggota kita mungkin jauh dari jangkauan teknologi, jangkauan lainnya tetapi apa yang jadi kebijakan-kebijakan dari pusat betul-betul mereka bisa implementasikan,” kata Gatot.

Salah satu contohnya yakni kebijakan Kapolri terkait restorative justice. Gatot menyebut banyak polisi di daerah yang menerapkan restorative justice dalam penanganan suatu perkara namun tidak terekspos.

“Contohnya bagaimana anggota-anggota kita di lapangan apakah itu Kapolsek kemudian para Bhabinkamtibmas atau anggota lainnya mampu mengimplementasikan yang namanya restorative justice,” kata Gatot.

BACA LAINNYA : Mulai 1 Juli 2022 Beli Pertalit Wajib Pakai Aplikasi MyPertamina, Ini Syarat Dan Cara Daftarnya

Dalam acara launching ini, Polri juga mengundang artis Raffi Ahmad. Buku ini sendiri ditulis oleh Iqbal Aji Daryono.

banner 325x300