banner 1200x250

Alumni UIN Walisongo Semarang Berkesempatan Dapat Beasiswa

Alumni UIN Walisongo Semarang
Temu Kangen Alumni Fakultas Tarbiyah Angkatan '93 UIN Walisongo Semarang,
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Selama pandemi, para alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang hanya bisa bersilaturahmi secara virtual. Kini tiga tahun berselang, akhirnya rindu itu dapat terobati dengan menggelar Temu Kangen Alumni Fakultas Tarbiyah Angkatan ’93 UIN Walisongo Semarang, yang dihadiri para alumni bersama keluarganya.

Dalam agenda tersebut turut hadir pula, Rektor UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Prof. Dr. Zainal Mustaqim, M.Ag yang juga merupakan alumni Fakultas Tarbiyah Angkatan ’90 UIN Walisongo Semarang.

banner 1200x250

Dalam arahannya, ia memberikan kesempatan kepada alumni maupun putra-putrinya mendapatkan beasiswa di UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

“Ini karena saya punya ikatan yang kuat dengan alumni angkatan ’93, kebetulan saya diamanati sebagai rektor, berupaya membantu putra-putri dari para alumni yang berkeinginan masuk sebagai mahasiswa ke UIN “Gusdur”, ya saya prioritaskan,” katanya usai Reuni Alumni Fakultas Tarbiyah Angkatan ’93, UIN Walisongo Semarang, di Perum Pisma Griya Asri, Denasri Kulon, Kabupaten Batang, Sabtu (18/2/2023).

Baca Juga : Wujudkan Pemberdayaan Masyarakat Muda, Keluarga Mahasiswa Batang UIN Walisongo Semarang Gelar GPD Jilid 12

Tentu melalui prosedur yang ditentukan, bisa jadi malah gratis karena ada beasiswa yang menyesuaikan potensinya.

Beasiswa yang disiapkan sangat beragam, seperti KIP, dari pihak BI, PLN, Baznas dan pihak ketiga lainnya.

Selain itu ada pula beasiswa yang menyasar para tahfidzul quran, terlebih bagi alumni yang berada di wilayah Pekalongan Raya sampai Brebes, karena akses yang mudah dijangkau.

“Khusus untuk KIP saja tahun depan kami bisa memberikan kepada 400 orang, bahkan bisa mencapai 1.000 orang,” jelasnya.

Baca Juga : Peringatan Maulid Nabi, Mahasiswa KKN UIN Gusdur Pekalongan Gelar Dzikir Dan Doa Bersama Di Posko Desa Mindaka

Sementara Ketua Alumni Fakultas Tarbiyah Angkatan ’93, sekaligus Kasubdit Ketenagaan Diktis Kemenag RI, Ruchman Basori, M.Ag mengatakan, temu kangen alumni ini selain untuk mempererat tali silaturahmi, juga memberikan kesempatan bagi rekan alumni maupun putra-putrinya yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dengan kemudahan akses, melalui beasiswa.

“Para rekan alumni pun jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3, bisa melalui beasiswa. Tentunya dengan persyaratan-persyaratan yang harus dipatuhi. Mereka harus lulus tes dulu, jika memang layak, mendapat beasiswa ya disesuaikan dengan kebutuhannya, misalnya kurang mampu akan diarahkan ke KIP Kuliah dan sebagainya,” terangnya.

Mayoritas alumni saat ini berprofesi sebagai pendidik, tentu dengan studi lanjut, ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, harapannya akan menjadi pendidik yang profesional.***

banner 1200x200