Warning: Undefined array key "icon_types" in /var/www/vhosts/batangupdate.com/http/batangupdate.com/wp-content/plugins/menu-icons/includes/settings.php on line 81
Batang Dilanda Kekeringan, Warga Desa Pretek Berebut Air Bersih
banner 1200x250

Batang Dilanda Kekeringan, Warga Desa Pretek Berebut Air Bersih

BPBD Kabupaten Batang membantu warga terdampak kekeringan di Desa Pretek Kecamatan Pecalungan.
IMG-20230905-WA0014
IMG-20230905-WA0012
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Musim kemarau yang melanda wilayah pantura jawa tengah khususnya Kabupaten Batang membuat Warga Dukuh Kedungdowo dan Dukuh Jlegong, Desa Pretek, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih karena kekeringan.

Bahkan sudah seminggu lebih mereka susah mendapatkan air bersih untuk diminum hingga warga mengambil air sungai yang keruh berwarna kehijauan.

banner 1200x250

“Hari ini kami melakukan dropping air bersih di Desa Pretek, membawa 2 truk tangki dari Perusahaan Daerah Air Minum (PUDAM) Sendang Kamulyan Batang.” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Batang Riza Zakiyah, saat ditemui usai drop air bersih di Dukuh Jlegong, Desa Pretek, Kabupaten Batang, Selasa

masing-masing berisi 4.000 liter air dan 1 truk tangki dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batang berisi 5.000 liter air, jadi total membawa 13.000 liter air.

“Air bersih disalurkan untuk 1.650 jiwa yang terdampak di Desa Pretek ini, terbagi atas 900 warga Dukuh Kedungdowo dan 750 warga Dukuh Jlegong.” Ujarnya.

Informasi adanya kesulitan air bersih berasal dari laporan warga ke BPBD Batang dan besoknya langsung ditinjau untuk segera dilakukan pendataan warga terdampak supaya penyaluran air bersih segera dilakukan.

Dijelaskannya, cukup sehari saja, hari ini air bersih sudah dapat kami salurkan secara langsung soalnya jika terlalu lama kasihan warga.

“Kendalanya disini hanya dari Kepala Desa yang tidak cepat tanggap menggali informasi warganya yang kesusahan mendapatkan air bersih. Padahal kejadian ini sudah cukup lama, hingga warga yang harus memberikan informasi.”Jelasnya.

Berdasarkan catatan kami, ada beberapa desa yang mengalami kekeringan, seperti Dukuh Kebonbatur Desa Wonomerto, Dukuh Durensari Desa Durenombo, dan sekarang Desa Pretek.

“Untuk Desa Pretek sendiri sepertinya kekeringan dapat meluas di beberapa wilayah, karena laporan dari Babinsa Kodim 0736 Batang masih ada warga yang terdampak kekeringan di luar kedua dukuh tersebut.” Terangnya.

Sementara itu, Babisa Koramil 01/ Subah, Kopda Ahmad Thoifur mengatakan, Kemungkinan untuk masalah air bersih masih banyak yang kekurangan, sebab untuk saat ini banyak sumber air yang mengering.

Ia menghimbau untuk masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih agar segera berkoordinasi kepada perangkat desa.

“Sementara titik lokasi dropping air hari ini hanya di dukuh Kedungdowo dan dukuh Jlegong, untuk lokasi lain warga bisa mengajukan ke perangkat desa agar bisa diteruskan ke BPBD Batang.” Jelas Ifur.

Selain itu, Slamet warga Dukuh Jlegong mengungkapkan, kami sudah terdampak kekeringan seminggu lebih karena mata air yang biasa digunakan mengering akibat kemarau.

“Biasanya alternatif mengambil aliran sumber air dari Dukuh Dlisen sana, tetapi di wilayah itu warganya juga membutuhkan air.” bebernya.

Sampai hari Jumat kemarin waktu salat saja banyak warga dari luar yang tidak tahu kalau Masjid Dukuh Jlegong Desa Pretek airnya habis.

“Adanya bantuan air bersih dari BPBD Kabupaten Batang ini membuat masayarakat sangat lega dan berterimakasih akhirnya kami dapat mengkonsumsi air bersih kembali.” tukasnya.

Desa Pretek merupakan desa yang dikelilingi sungai dengan panjang kurang lebih 3KM, namun kurangnya kesadaran masyarakat dengan membuang sampah dan kotoran ke aliran sungan sehingga menyebabkan air sungai tak layak konsumsi. ***

banner 1200x200