banner 1458x375

BPBD Pekalongan Optimalkan Penanganan Bencana

  • Bagikan
BPBD Dan Krapala
BPBD menggelar Kegiatan "Sinau Bareng" Bersama KRAPALA yang mengusung tema Sinergitas dan Manajemen Penanganan Bencana di Wilayah Kota Pekalongan, bertempat di Hutan Kota Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan,Kota Pekalongan, Minggu(10/10/2021).
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, Pekalongan – Dalam rangka mengoptimalkan penanganan kebencanaan, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pekalongan bersinergi dengan relawan yang tergabung dalam Organisasi Masyarakat (Ormas) Kelompok Penggiat Alam, Peduli Lingkungan (KRAPALA).

BPBD menggelar Kegiatan “Sinau Bareng” yang mengusung tema Sinergitas dan Manajemen Penanganan Bencana di Wilayah Kota Pekalongan, bertempat di Hutan Kota Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan,Kota Pekalongan, Minggu(10/10/2021).

Baca Juga :
Antisipasi Banjir, Warga Pekalongan Utara Bersihkan Sampah di Sungai

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kota Pekalongan, Saminta,SPd dalam arahannya, menyampaikan bahwa, kebijakan dari Pemerintah Kota Pekalongan.

“Peran BPBD sebagai OPD pelayan publik selalu siap dalam melayani masyarakat dalam hal terjadinya bencana.”tutur Saminta, saat dikonfirmasi,Senin(11/10/2021).

Walaupun dengan keterbatasan personil, sarana maupun anggaran yang ada, BPBD mengoptimalkan sinergitas antara pemerintah dan masyarakat.

“Dalam hal ini,kami selaku BPBD mengapresiasi dan mendorong Ormas KRAPALA sebagai Kelompok Penggiat Alam dan Peduli Lingkungan untuk berpartisipasi secara aktif dalam penanganan kebencanaan.” Jelasnya.

Ditambahkan Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana,Dimas Arga Yudha, mengaku senang dan bangga atas partisipasi dan keikutsertaan dari KRAPALA yang berinisiatif mengadakan kegiatan dalam kesiapan membantu penanganan bencana di Kota Pekalongan.

“Kegiatan semacam ini dibutuhkan oleh BPBD, karena banyak yang belum tahu peran BPBD di masyarakat.” Ujarnya.

Menurutnya, Dari hasil tanya jawab kegiatan ini diharapkan akan muncul beberapa ide tentang penanganan kebencanaan yg baik diantaranya adanya ide pertemuan dengan para relawan yang lain dan membentuk sebuah perkumpulan,

“Dari perkumpulan itu diharapkan bisa bersinergi antar sesama relawan maupun antara relawan dan pemerintah.” Terangnya.

Sementara itu Ketua KRAPALA Kota Pekalongan, MH Johan menjelaskan, kegiatan Sinau Bareng KRAPALA ini akan dilakukan secara berjenjang guna mempersiapkan sejak dini sebagai wujud kesiapsiagaan terhadap bencana.

Lebih lanjut,pihaknya menegaskan bahwa,sebagai tindaklanjut dari pertemuan ini KRAPALA bertekad membentuk Tim Relawan KRAPALA RESCUE yang selalu siap siaga dalam membantu kebencanaan di Kota Pekalongan.

“KRAPALA ini sudah Legal dan Berbadan hukum,sehingga kami dituntut untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat. Dengan adanya kegiatan semacam ini,” Ucapnya.

Diharapkn KRAPALA bisa eksis membantu masyarakat yg terdampak bencana dan selalu bersinergi dengan OPD terkait khususnya BPBD dalam merespon kegawatdaruratan bencana di Kota Pekalongan.

Baca Lainnya :
Wilayah Perencanaan Gringsing Mulai Disusun

“Dari kegiatan ini juga akan terjalinnya kerjasama antara relawan dengan pemerintah dan masyarakat,sehingga penanganan bencana akan teratasi dengan lebih baik,”pungkasnya.

banner 336x150
banner 120x600
  • Bagikan
banner 1458x180