Warning: Undefined array key "icon_types" in /var/www/vhosts/batangupdate.com/http/batangupdate.com/wp-content/plugins/menu-icons/includes/settings.php on line 81
BPS Batang Rekrut Ratusan Petugas Registrasi Sosial Ekonomi
banner 1200x250

BPS Batang Rekrut Ratusan Petugas Registrasi Sosial Ekonomi

Petugas BPS Batang mewawancarai calon Petugas Registrasi Ekonomi, di Gedung Pramuka, Kabupaten Batang, Senin (12/9/2022).
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Batang saat ini sedang membuka seleksi bagi calon Petugas Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022.

Proses seleksi dilakukan sebanyak dua kali, yakni seleksi administrasi dan wawancara. Seleksi wawancara dilaksanakan mulai 12, 13 dan 15 September.

banner 1200x250

“Total 1.807 pendaftar, dari hasil seleksi lolos sebanyak 1.799. Syarat awal yang harus dipenuhi minimal berijazah SMA, jadi bagi yang tidak lolos seleksi tahap awal dikarenakan berijazah SD, SMP dan ada perangkat desa yang ikut mendaftar,” kata Statistik Pertama BPS Batang, Ahmad Tohirin, saat ditemui usai mewawancarai calon Petugas Registrasi Ekonomi, di Gedung Pramuka, Kabupaten Batang, Senin (12/9/2022).

Dalam tes wawancara akan dibagi menjadi dua kelompok, yakni pendaftar yang sudah berpengalaman dan yang belum berpengalaman.

Statistik Pertama BPS Batang, Ahmad Tohirin mewawancarai calon Petugas Registrasi Ekonomi, di Gedung Pramuka, Kabupaten Batang

“Untuk yang sudah pernah menjadi petugas sensus, seperti Sakernas, Susenas dan lainnya, akan bertugas sebagai pengawas lapangan, sedangkan yang belum pernah menjadi petugas sensus, akan ditugaskan sebagai Petugas Pendataan Lapangan (PPL),” jelasnya.

Ia menerangkan, PPL bertugas untuk mendata profil, kondisi sosial ekonomi dan tingkat kesejahteraan.

“Tiap PPL ditargetkan 250 – 300 Kepala Keluarga (KK) dan diutamakan berasal dari desa setempat, untuk mempermudah pendataan karena lebih memahami seluk beluk wilayah tempat tinggalnya,” terangnya.

Secara keseluruhan BPS Batang membutuhkan Petugas Pengawas Lapangan sebanyak 257 orang dan Petugas Pendataan Lapangan sebanyak 1.014 orang.

Baca Juga : Dua Desa di Batang Terpilih Sebagai Desa Cantik

“Pelaksanaan Regsosek digelar mulai 15 Oktober -14 November 2022 dan akan ada kegiatan serupa pada bulan April 2023, namun lebih fokus pada forum diskusi grup di tiap desa, untuk mengetahui kategori ekonomi wilayah itu,” tegasnya.

Ia menambahkan, hasil dari pendataan dapat digunakan instansi terkait seperti Kementerian Sosial, untuk memverifikasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Salah satu calon PPL, Ulfi warga Blado yang saat ini masih menjadi mahasiswi jurusan Akuntansi di Unikal, itu mengatakan, alasan terbesar mendaftar menjadi PPL karena ingin menambah pengalaman di lapangan.

“Kuliah saya hampir selesai jadi tidak masalah kalau ikut membantu pendataan Regsosek,” ungkapnya.

Tugas secara spesifik memang belum memahami. Namun nantinya akan ada pelatihan khusus selama beberapa hari.

“Manfaat Regsosek tentu bisa diketahui pendapatan rata-rata warga di desa saya. Apabila ke depan ada bantuan sosial dari Pemerintah diharapkan akan lebih tepat sasaran,” ujar dia.

banner 1200x200