banner 1200x250

Busana Adat Dan Batik Warnai Kemeriahan Karnaval Proyonanggan Utara

Avatar photo
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Dalam rangka HUT Ke-77 Republik Indonesia, Kelurahan Proyonanggan Utara Batang menggelar karnaval sebagai puncak rangkaian acara kemerdekaan.

Tema yang diangkat pada karnaval tahun 2022 adalah kearifan kebudayaan modal utama keberhasilan pulih lebih cepat bangkit lebih kuat untuk Indonesia.

banner 1200x250

Karnaval Kelurahan Proyonanggan Utara kali ini juga menampilkan sesuatu yang berbeda dengan membawa bendera Merah Putih sepanjang 77 meter yang menjadi simbol umur Negara Republik Indonesia saat ini.

“Bahwa karnaval ini merupakan acara puncak dari Kelurahan Proyonanggan Utara dalam memeriahkan HUT Ke-77 Republik Indonesia,” kata Lurah Proyonanggan Utara Surya Sudjana saat ditemui usai menyaksikan karnaval di Jalan Yos Sudarso Kelurahan Proyonanggan Utara, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (27/8/2022).

Karnaval ini merupakan permintaan langsung oleh warga. Karena sudah 2 tahun lalu terdampak Pandemi Covid-19 yang menyebabkan tidak dapat memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Peserta karnaval sendiri diikuti oleh 25 Rukun Tetangga (RT) yang ada di Kelurahan Proyonanggan Utara dengan biaya swadaya sendiri, dan untuk Kelurahan Proyonanggan Utara juga mengeluarkan dana sebesar Rp18.000.000,00,” jelasnya

Antusias warga sangat luar biasa, ada 10.000 lebih orang yang menyaksikan secara langsung sampai menutup seluruh akses Jalan Yos Sudarso dan Jalan RE. Martadinata,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Kemerdekaan HUT Republik Indonesia Proyonanggan Utara Kartoyo menambahkan, karnaval ini merupakan acara puncak rangkaian acara Kemerdekaan Republik Indonesia dari Kelurahan Proyonanggan Utara.

Peserta sendiri sangat antusias dari yang tua hingga anak seperti bisa dilihat sendiri. Tadi ada penampilan busana adat, busana batik, tarian, dan hingga replika kapal, tank, bahkan jembatan kalikuto dibawakan.

“Rute karnaval dimulai dari Jalan Yos Sudarso, Jalan Raden Patah, Jalan RE Martadinata, Jalan KKO Usman dan kembali lagi ke Jalan Yos Sudarso untuk finish,” terangnya.

Pada lokasi finish, lanjut dia, setiap peserta diwajibkan untuk menampilkan antraksi dengan waktu maksimal 3 menit sesuai tema yang dibawakan, dengan tujuan untuk menghibur tamu undangan.

Ia berharap, ke depan karnaval Kelurahan Proyonanggan Utara tetap eksis terus dan para peserta yang mengikuti karnaval harus lebih kreatif dan unik lagi jadi, agar yang menonton bisa lebih seru

banner 1200x200
Penulis: Roza/JumadiEditor: Khairul umar