banner 1200x250

Cokelat Asli Kabupaten Batang Berkualitas Unggul

Cokelat
Proses Pembuatan Cokelat di Kabupaten Batang
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Cokelat merupakan bahan pangan yang terbuat dari biji kakao ini, menjadi salah satu kudapan favorit banyak orang, ada berbagai jenis cokelat yang dihasilkan dari biji kakao, mulai dari cokelat batangan, pasta cokelat, bubuk cokelat, dan masih banyak lagi.

Pada bulan Februari ini, cokelat batangan sangat dicari oleh masyarakat terutama anak muda. Biasanya cokelat batangan diberikan sebagai tanda kasih sayang kepada pasangan.

banner 1200x250

Tapi belum banyak yang tahu Kabupaten Batang mempunyai Pabrik cokelat yang bernama Pusat Pengembangan Kompetensi Industri Pengolahan Kakao Terpadu (PPKIPKT) Kabupaten Batang, diresmikan pada 11 Februari 2019 PPKIPTK mempunyai produksi cokelat batangan dengan kualitas unggul.

Baca Juga : Lapak UMKM Batang Donasikan Semua Hasil Keuntungannya Untuk Korban Erupsi Semeru

“Cokelat batangan disini memang kualitasnya bagus dengan proses biji yang diidentifikasi pada saat datang ke pabrik agar bisa mengetahui kualitas biji kakao bagus atau tidak. Kalau memang bagus baru kita olah,” kata Nurhadi Agus Tugiyono Kepala Produksi PPKIPKT Kabupaten Batang, Kamis (10/2/2022).

Cokelat di tempat kita yang dibuat benar-benar asli, dengan pengolahan biji sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) mutu yang sudah ditetapkan. Makanya kita selalu mengontrol bahkan sampai mesin yang digunakan.

Sebelum biji kita proses, lanjut dia, harus melewati pengecekan di laboratorium terlebih dahulu sampai dinyatakan layak. Baru biji dimasukkan ke mesin cleaner cokelat agar kondisi biji bersih. Baru dimasukkan silo penampungan dilanjutkan ke mesin steam cokelat supaya kulit bijinya gampang dikupas.

“Biasanya cokelat batangan di PPKIPKT Kabupaten Batang untuk menjamu tamu yang datang atau offtaker yang ingin mencoba merasakan kualitas rasa dari biji kakao kita. Setelah itu baru mereka kerjasama untuk membuat bahan cokelat setengah jadi seperti powder dan minyak” jelasnya.

Dijelaskannya, bahkan bahan setengah jadi dari kita sudah di ekspor ke Negara Jepang yang memang meminta biji kakao murni tanpa bahan kimia.

Sementara, Kepala Laboratorium PPKIPKT Kabupaten Batang Tri Widianto mengatakan, pembuatan cokelat batangan disini pertama kita siapkan bahan-bahannya yaitu powder cokelat yang sudah ditimbang sekitar 14% berarti kurang lebih 700 gram dari total berat yang dibuat tinggal nanti disesuaikan tujuannya, akan membuat cokelat batangan jenis milk tea cokelat atau dark cokelat.

“Bahan dimasukkan mesin built cokelat yang didalamnya ada besi-besinya yang secara fisik nanti menghaluskan bahan baku cokelat yang tercampur menjadi satu,” terangnya.

Kalau sudah halus kita pindahkan ke mesin vertical tempering yang berguna untuk memproses cokelat agar menyesuaikan dengan suhunya yaitu 34 derajat supaya tetap encer.

Sebelum dicetak cokelat diletakkan dulu diplastik kue secukupnya. Baru kita tuangkan cokelat ke cetakan sampai merata baru diletakkan ke mesin pendingin agar cokelat menjadi keras dalam waktu 1 hingga 2 hari. Setelah itu baru kita bungkus pakai aluminium oil agar bisa tahan satu bulan diruang udara dan 3 bulan diruangan dingin.

Baca Lainnya : Pengusaha Muda Batang Diminta Berkontribusi dalam Pembangunan Daerah

“Kita memang tidak memproduksi cokelat batangan setiap hari, karena tidak dijual di luar sana hanya untuk tamu-tamu khusus saja. tapi kualitas cokelat batangan kita asli dan dapat bermanfaat bagi tubuh kita, karena yang membuat cokelat tidak sehat sendiri campuran bahan lain yang lebih banyak seperti gula,” ujar dia.

banner 1200x200