banner 1200x250

Demi Pertahankan Pasokan Darah di Batang, PMR SMAN 1 Subah Sukses Gelar Donor Darah

Kegiatan donor darah di SMAN 1 Subah (Dok : Satria)
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Dalam upaya untuk menjaga pasokan darah di Kabupaten Batang, PMR Wira SMA N 1 Subah mengadakan kegiatan donor darah di Ruang Laboratorium Fisika SMA N 1 Subah, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang pada Selasa (12/9/23).

Aksi mulia donor darah yang diselenggarakan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang telah berhasil menghimpun partisipasi sebanyak 35 pendonor dari beragam lapisan masyarakat. Mereka yang ikut serta terdiri dari peserta didik, guru, karyawan, hingga warga masyarakat umum yang memiliki kepedulian terhadap kesehatan dan kemanusiaan.

banner 1200x250

Namun, kegiatan ini tidak hanya sebatas aksi pemberian darah semata. Selain sumbangan darah yang sangat berharga, para peserta juga mendapat kesempatan untuk menjalani pemeriksaan golongan darah, gula darah, serta tekanan darah.

Pembina PMR SMA N 1 Subah Drs. Yulius Idris Widiyana menjelaskan, bahwa kegiatan donor darah menjadi program Palang Merah Remaja (PMR) dan rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali, juga merupakan bagian dari pembelajaran pendidikan karakter bagi peserta didik.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari PMR SMA N 1 Subah yang diselenggarakan secara berkala di bulan April, September dan Januari. Dengan menyumbangkan darahnya tentunya dapat membahagiakan orang lain. Manfaat lain adalah menjadikan dirinya semakin lebih sehat serta menjadikan karakter baik bagi peserta didik,” jelasnya.

Dirinya berharap, kegiatan baik ini dapat diteruskan dan ditingkatkan baik kualitasnya maupun kuantitasnya.

“Dengan sosialisasi kegiatan harus lebih dimasifkan agar lebih banyak pendonor yang hadir untuk mendonorkan darahnya sehingga target banyaknya kantong darah dapat meningkat,” harapnya

Cek Golongan Darah oleh siswa (Dok. Satria Wahyu Kusuma)

Sementara itu salah satu pendonor Arya Leksana mengucapkan terimakasih atas terselenggarakan kegiatan donor darah ini, menurutnya menjadi pendonor darah itu selain badan lebih sehat juga kita bisa bermanfaat untuk orang lain terutama yang membutuhkan darah yang kita donorkan.

“Terimakasih kepada PMR Wira SMA N 1 Subah yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah ini, sehingga kami para pelajar tidak perlu jauh-jauh untuk ikut berpartisipasi dalam membantu sesama,” ucapnya.

banner 1200x200