Warning: Undefined array key "icon_types" in /var/www/vhosts/batangupdate.com/http/batangupdate.com/wp-content/plugins/menu-icons/includes/settings.php on line 81
Disdikbud Batang Rancang Aplikasi Pengaduan Kekerasan di Lingkungan Sekolah
banner 1200x250

Disdikbud Batang Rancang Aplikasi Pengaduan Kekerasan di Lingkungan Sekolah

Avatar photo
Sosialisasi Penerapan Sekolah Ramah Anak, di Aula Disdikbud, Kabupaten Batang, Rabu (28/9/2022).
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang segera membuat sistem aplikasi pengaduan berbasis website, sebagai langkah nyata pencegahan hingga penanganan kasus tindak kekerasan maupun pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan sekolah.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Batang, Sumanto menyampaikan, pihaknya saat ini sedang memproses aplikasi tersebut agar dapat diterapkan di seluruh sekolah se-Kabupaten Batang.

banner 1200x250

Aplikasi tersebut pertama kali diterapkan oleh SMPN 1 Subah dan kini akan dikembangkan oleh Disdikbud, untuk disebarluaskan.

Baca Juga : Ajarkan Siaga Bencana Sejak Dini, Disdikbud Batang Gandeng PMI

“Kalau melaporkan secara konvensional, di kotak pengaduan terkadang anak merasa takut. Tapi ketika melaporkan secara online, kerahasiaan identitas mereka terjamin,” katanya, usai menjadi narasumber dalam Sosialisasi Penerapan Sekolah Ramah Anak, di Aula Disdikbud, Kabupaten Batang, Rabu (28/9/2022).

Pembuatan aplikasi ini merupakan salah satu bentuk nyata pencegahan tindak kekerasan, pasca terjadinya peristiwa pelecehan seksual yang dilakukan oknum guru terhadap siswinya.

Baca Juga : Maraknya Kekerasan Kasus Seksual Anak Dibawah Umur, PCNU Batang Gelar Seminar

Ia menerangkan, anak didik dapat melapor melalui aplikasi yang sudah diunduh di gawai.

“Laporan yang mereka kirim akan masuk ke website pengaduan dan yang bisa membuka aplikasi itu hanya kepala sekolah, sehingga anak-anak tidak perlu takut untuk melapor,” tegasnya.

banner 1200x200