banner 1200x250

Expo KKNT Undip Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Avatar photo
Wakil Ketua LPPM Prof Rahayu mendengarkan paparan kelompok KKNT Sungai ku Bersih Kampusku Asri di stand kelompok 3
banner 1200x60

BATANGUPDATE.COM, SEMARANG – Sejumlah Mahasiswa Universitas Diponegoro melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T). Dalam kegiatan tersebut juga digelar Expo KKNT undip Lingkar Kampus dan penguatan kelembagaan di Kampung Seni Budaya Jurang Blimbing, Tembalang, Kota Semarang. Pada Sabtu (26/11/2022).

Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan KKNT Lingkar Kampus “Sungaiku Bersih Kampusku Asri” yang berkolaborasi dengan Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Teknis Sipil Undip dan secara keseluruhan menampilkan 10 stand KKNT Lingkar Kampus 2022.

banner 1200x300

Lagu kepedulian atas lingkungan hidup berjudul Rabuk Semarang dikumandangkan untuk memberi semangat masyarakat peduli lingkungan.

Baca Juga : Keren! Selamatkan Kehidupan Laut, Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Masyarakat Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan.

Lirik dari lagu ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat Semarang. Rabuk Semarang sendiri memiliki arti “Rawat Bumi Kolaborasi” yang mana maksudnya adalah untuk segenap komponen masyarakat berkolaborasi untuk melestaraikan lingkungan terutama sungai.

Hal ini dikarenakan terdapat sungai krengseng di lingkungan kampus Undip dan juga untuk mendukung waduk Diponegoro Lestari.

“Pogram ini ingin mengajak masyarakat untuk menguatkan SDGS (Sustainable Development Goals) berdasarkan PP Nomor 59 Tahun 2017.”kata Prof Sriyana.

Baca Juga : Undip Siap Sulap Limbah Batubara PLTU Batang Jadi Rumah Ikan

Oleh karena itu program ini dibentuk untuk menguatkan, kolaborasi, dan membentu wadah kelembagaan.

“Nantinya wadah kelembagaan tersebut saling berkolaborasi untuk mendukung pengelolaan sunga indah waduk dipengoro lestari” Jelasnya

Acara pengutaan kelembagaan tim KKNT lingkar kampus “Sungaiku Bersih Kampusku Asri” dibuka Sekcam Banyumanik Tjatur Edi SH dan juga para lurah kecamatan Banyumanik dan Tembalang serta perwakilan dari Kodam IV/Diponegoro, Danramil Banyumanik Mayor Susanto, para ketua LPMK se-kecamatan Banyumanik, kalangan pengusaha, Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang dan perguruan tinggi di kecamatan Banyumanik serta Tembalang.

Baca Juga : Hak Kesehatan Anak Dijamin Undang-Undang, Ini Aturannya

Dalam kesempatan ini Dosen Fakultas Teknik Sipil Undip Priyo Nugoho Parmantoro S.T., M.Eng. ikut memberikan materi terkait peran masyarakat dalam penguatan kelembagaan pengelolaan dan monitoring sungai.

KKNT Kampus Lingkar Undip juga mengusung program-program lain yang mendukung berjalannya kegiatan KKN di sekitar wilayah kampus, seperti pembangunan pojok baca, pemetaan wilayah sungai, pembuatan jalur evakuasi serta titik kumpul yang dilaksanakan di wilayah RW 003/ RT 002 Kelurahan Tembalang dan juga alat pembasmi nyamuk bagi warga di pinggiran sungai.

Tim pengabdian Undip foto bersama usai penguatan kelembagaan di Kantor Kecamatan Banyumanik Semarang.

KKNT juga mengangkat tema kesenian yang bertujuan untuk mendorong kesenian kuda lumping di Tembalang semakin maju.

Baca Lainnya  : Kasus Stunting Tinggi, Mahasiswa KKN Angkatan 54 UIN Gusdur Pekalongan Adakan Sosialisasi Ke Warga Tegal

Selain itu, terdapat program KKNT Literasi digital yang mendorong peranan tokoh masyarakat untu meminimalisisr dampak buruk media digital.***

 

 

 

 

 

 

 

banner 1200x300