banner 1200x250
Sosial  

FRPB Batang Bahas Program Kerja Dan Penguatan Mental Relawan

Avatar photo
Ketua umum FRPB Batang Lutfiyati Muflichah dalam rapat koordinasi program kerja serta penguatan mental relawan.
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Kabupaten Batang menyelenggarakan rapat koordinasi program kerja serta penguatan mental relawan.

“Rapat koordinasi program kerja ini dimaksudkan untuk penguatan kelembagaan dan lebih merapatkan barisan dalam upaya meningkatkan mental para relawan yang ada di kabupaten Batang.” Kata ketua umum FRPB Batang, Lutfiyati Muflichah, S.H saat ditemui usai rapat pengurus di Pendopo Kecamatan Batang, Sabtu (29/10/2022).

banner 1200x250

Banyak hal yang perlu kita perbaiki bersama saat melakukan pertolongan, seperti pengalaman yang belum lama ini terjadi di kabupaten Batang, khususnya kejadian laka air.

Baca Juga  : Relawan PB Batang Gelar Silaturahmi dan Reorganisasi Pengurus

“Maksud dan tujuan penguatan kelembagaan bencana FRPB Batang adalah terjalinnya Kerjasama antar Lembaga dan Kemitraan dalam Penanggulangan Bencana.” Jelasnya.

Beberapa peralatan perlu disapkan sebelum melakukan operasi SAR, selain itu kesiapan relawan dalam penggunaan Alat Pelingdung Diri (APD) ini juga perlu diperhatikan dengan baik.

Baca Juga : GPDRR, Upaya Memberikan Kepastian Perlindungan Relawan Kebencanaan

“Jangan sampai niat kita mau menolong korban malah nantinya menjadi korban, hal seperti itu jangan sampai terjadi kepada relawan.” Ujar Lutfie.

Latihan untuk peningkatkan kapasitas bagi setiap relawan juga menjadi penting guna menyiapkan sumber daya yang dibutuhkan.

 

Rapat koordinasi pengurus FRPB Kabupaten Batang

Ia juga mengharapkan, generasi kepengurusan FRPB Kabupaten Batang semakin baik, solid dari sebelumnya agar kedepannya para relawan bisa mandiri.

“Jangan sampai ada prasangka buruk, kita kuatkan talisilaturahmi dan kedepankan kehormatan juga harga diri relawan, agar nantinya kita menjadi relawan tangguh.” Tutur Lutfie.

Di kabupaten Batang sendiri merupakan salah satu daerah rawan bencana, Hal ini menjadi tantangan untuk kita semua.

Baca Juga : Peduli Lingkungan, Relawan Lakukan Normalisasi Sungai Di Kepuh

“Kita juga akan membuat perwakilan di setiap korcam, agar nantinya lebih memudahkan koordinasi saat terjadi bencana yang tidak diinginkan.” Pungkasnya.

banner 1200x200