banner 1200x250
Berita  

Hari Peduli Sampah Nasional, Siswa SMAN 1 Bandar Adakan Bersih Pantai

Hari Peduli Sampah Nasional oleh Enviro Jugo SMAN 1 Bandar di Pantai Depok, Kandeman, Batang, Sabtu (19/02/2022).
Hari Peduli Sampah Nasional oleh Enviro Jugo SMAN 1 Bandar di Pantai Depok, Kandeman, Batang, Sabtu (19/02/2022).
banner 1200x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari, puluhan siswa SMA Negeri 1 Bandar mengadakan bakti lingkungan berupa bersih sampah di Pantai Depok, Kecamatan Kandeman, Batang, pada Sabtu (19/02/2022) kemarin.

Kegiatan yang diinisiasi Enviro Jugo SMAN 1 Bandar itu berkolaborasi dengan Bismapala SMKN 1 Batang. Keduanya merupakan ekstrakurikuler yang bergerak di bidang lingkungan hidup.

banner 1200x300

“Kondisi pantai kini sangat memprihatinkan dengan banyaknya sampah yang tak seharusnya ada di pinggir laut. Terlebih sampah-sampah tersebut dapat menghasilkan 3 jenis polusi sekaligus,” kata Delima Parwati, Wakil Ketua Enviro Jugo saat dihubungi Batang Update.

Baca Juga: HUT Ke-76 RI, Pelajar SMA Negeri 1 Bandar Kibarkan Merah Putih dan Bersih Sampah di Bukit Lenjong

Tiga jenis polusi itu, kata Delima, yakni pertama polusi air karena sampah di pantai dapat terbawa ombak. Adapun yang kedua yakni polusi tanah karena sampah  anorganik yang terlalu lama tertimbun di pasir.

“Dan yang ketiga polusi udara, karena sampah tersebut menghasilkan bau yang tak sedap,” kata siswi kelas 11 di SMAN 1 Bandar itu.

Enviro Jugo SMAN 1 Bandar dan Bismapala SMKN 1 Batang usai bersih sampah di Pantai Depok, Kandeman, Batang.

Sementara itu, pendamping Enviro Jugo Syarif Hidayatullah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya anggota Enviro Jugo untuk menyadarkan diri dan warga sekitar serta pengunjung pantai mengenai sampah.

“Ini upaya kami untuk menyadarkan bahwa sampah yang sering dianggap sepele bisa menjadi masalah serius. Sesuai tema HPSN 2022 ini, kami mengajak masyarakat untuk “Kelola Sampah, Kurangi Emisi, dan Bangun Proklim”,” tegasnya.

Ia berharap, anggota Enviro Jugo, warga sekitar, dan pengunjung pantai terbuka pikirannya bahwa sampah yang dihasilkan tidak bisa hilang begitu saja. Oleh karena itu, semua orang bertanggung jawab untuk mengatasi masalah sampah.

banner 1200x300