banner 1458x375

HUT Ke-76 RI di Desa Sendang, dari Belajar Memasak Kuliner Tiongkok hingga Lomba Melukis Batu

  • Bagikan
Anak-anak di Desa Sendang, Kecamatan Wonotunggal saat mengikuti lomba melukis batu dalam peringatan HUT Ke-76 RI.
Anak-anak di Desa Sendang, Kecamatan Wonotunggal saat mengikuti lomba melukis batu dalam peringatan HUT Ke-76 RI.
banner 468x60

Batang Update, Wonotunggal – Sejumlah anak sekitar Desa Sendang, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, di teras Desa Mandarin tetap bersemangat untuk berkreasi meski dengan segala kesederhanan, dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia (HUT ke-76 RI).

“Sebenarnya tak berniat ingin merayakan agustusan, tadinya kami hanya ingin mengadakan lomba virtual yakni lomba foto hari kemerdekaan, namun permintaan dari anak-anak lah untuk semangat merayakan dengan permainan,” kata pendiri Desa Mandarin, Amelia, saat dihubungi melalui WhatsApp, Senin (16/8/2021).

Ia membenarkan, sepekan sebelumnya telah diadakan lomba foto hari kemerdekaan dan foto dalam rangka tahun baru Islam melalui media sosial (medsos) Instagram. Akan tetapi karena anak-anak di Desa Sendang masih banyak yang tidak memiliki aplikasi maupun gawai, maka tetap diadakan perlombaan di antaranya, menyanyi lagu nasional, kuis kepahlawanan, melukis di atas batu.

“Dua pekan sebelumnya pun telah diadakan kelas memasak kuliner khas Tiongkok. Semua dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes),” jelasnya.

Baca Juga: HUT Jateng ke-71, Ganjar Mengajak Warga Menolak Kalah Melawan Virus Corona

Dijelaskannya, anak-anak juga sempat mengikuti lomba melukis di atas batu. Melukis di atas batu merupakan hal unik yang pertama mereka lakukan. Para murid melukis di atas batu karena mudah ditemukan di semua tempat. Bentuknya keras dan tidak indah kelihatannya, maka murid-murid boleh melukiskan motif apa saja bertema kemerdekaan.

“Melukis di atas batu merupakan sebuah kegiatan berfilosofi bahwa kita bisa memperindah kehidupan yang keras ini,” tutur Laoshi (guru) Amelia.

Lebih lanjut, ia menerangkan, di China sendiri kesenian melukis di atas batu merupakan hal yang sangat dikagumi, bahkan menjadi salah satu kerajinan ataupun souvenir khas dari Tiongkok.

Di akhir kegiatan anak-anak dengan ceria memajang batu hasil lukis mereka di tepi Jalan Sendang. Kebahagiaan terpancar dari wajah mereka ketika pulang. Mereka pun tak memedulikan apa nanti hadiah yang akan didapatkan, karena yang terpenting adalah nilai pembelajaran dan memiliki aktivitas yang bermanfaat.

Salah satu peserta, Lana siswa kelas 5 SD mengutarakan, kegiatan melukis di atas batu itu menarik dan tidak membosankan.

“Senang sekali bisa ikut, karena ada lomba yang macam-macam seperti melukis dan belajar berbagai pengetahuan,” ujar dia.

banner 336x150
banner 120x600
  • Bagikan
banner 1458x180