banner 1458x375

HUT Ke-76 RI, Pelajar SMA Negeri 1 Bandar Kibarkan Merah Putih dan Bersih Sampah di Bukit Lenjong

  • Bagikan
Peringatan HUT Ke-76 RI di Bukit Lenjong
Peringatan HUT Ke-76 RI di Bukit Lenjong.
banner 468x60

Batang Update, Bandar – Ada banyak cara kreatif untuk turut menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia (HUT Ke-76 RI). Salah satunya seperti yang dilakukan oleh puluhan pelajar SMA Negeri 1 Bandar, Kabupaten Batang ini.

Puluhan pelajar yang tergabung dalam ekstrakurikuler pecinta alam Enviro Jugo ini menyelenggarakan upacara pengibaran bendera merah putih di Bukit Lenjong, Kecamatan Pecalungan, pada Selasa (17/8/2021) pagi.

Meski dilaksanakan di ruang terbuka, terlihat 50 pelajar tersebut tetap menaati protokol kesehatan.

“Upacara memperingati hari kemerdekaan mungkin terdengar biasa, ya. Akan tetapi, bisa melihat kibaran Sang Merah Putih di langit ketinggian 470 MDPL merupakan suatu kebanggaan tersendiri,” tutur wakil ketua Enviro Jugo, Delima Parwati.

Delima menjelaskan, selain upacara, para peserta juga bersama-sama membersihkan sampah di sekitar bukit tersebut. Hal itu dilakukan karena menurutnya peringatan hari kemerdekaan perlu diisi dengan kegiatan yang bermanfaat.

“Bersih sampah itu kami lakukan sebagai bentuk nasionalisme kami sebagai organisasi pecinta alam,” terangnya.

Baca Juga: Memperingati HUT RI di Tengah Pandemi, Refleksi Perjuangan Tegakkan Kedaulatan dan Kemandirian

Sementara pendamping Enviro Jugo, Syarif Hidayatullah mengatakan, upacara hari kemerdekaan di ruang terbuka merupakan tradisi bagi organisasi pecinta alam.

“Tahun lalu, kami (Enviro Jugo, red) mengadakan upacara bendera di puncak Gunung Kamulyan. Jadi memang ini sudah tradisi, yang setiap tahun lokasinya berbeda,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, mengadakan kegiatan di tengah pandemi memang membutuhkan persiapan ekstra hati-hati. Selama mematuhi protokol kesehatan, imbuhnya, kegiatan tetap bisa dilakukan dengan pembatasan.

“Bagi kami selama mematuhi protokol kesehatan seperti mengurangi jumlah peserta dan memakai masker, kegiatan tetap bisa dijalankan. Apalagi 17 Agustus ini momentum penting,” pungkas pria yang akrab disapa Masya itu.

banner 465x150
banner 120x600
  • Bagikan
banner 1458x180