banner 1458x375

Inovasi Aplikasi WKW Pemdes Kalipucang Wetan

  • Bagikan
Aplikasi WKW
RESMIKAN APLIKASI WKW : Bupati Batang, Wihaji memukul rebana sebagai simbol peresmian peluncuran aplikasi WKW di Kantor Desa Kalipucang Wetan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jumat (8/10/2021).
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, Batang –  Guna mempermudah serta memaksimalkan dalam pelayanan administrasi kepada Masyarakat, Pemerintah Desa Kalipucang Wetan menggelar launching perdana aplikasi Warta Kalipucang Wetan (WKW), di Kantor Desa Kalipucang Wetan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jumat (8/10/2021).

Launching aplikasi WKW ini diresmikan langsung oleh Bupati Batang Wihaji dan dihadiri beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Baca Juga :
Difabel Asal Batang Menciptakan Tampilan Program Aplikasi

Kepala Desa Kalipucang Wetan Mundakir mengatakan, aplikasi WKW ini dapat mengurus berbagai surat seperti surat keterangan domisili, surat pengantar SIM, KTP, KK, dan Pengantar SKCK, dan lain sebagainya, warga tinggal klik untuk urus administarasi desa melalui gawai android.

“Aplikasi ini sangat mudah didapatkan, tinggal mengunduh dari aplikasi Playstore dengan nama WKW, maka langsung akan muncul,”jelasnya.

Tidak lupa juga, dalam aplikasi ada daftar UMKM desa. Nantinya para pelaku usaha bisa memasarkan produknya melalui aplikasi ini.

“Keunggulannya sendiri profil UMKM dapat bisa dilihat oleh pembeli secara lengkap detail barang, alamat, serta kontak ada.” Ujarnya.

Ia menjelaskan, Pembuatan aplikasi WKW menggunakan Dana Desa sebesar Rp25.000.000,00.

“Setelah launching ini rencananya akan kita sosialisasikan ke setiap RT yang ada di Kalipucang Wetan sesuai intruksi Pak Bupati Batang agar tidak sekedar viral diawal saja. kedepan juga akan masih terus dikembangkan dan diperbaiki,”terangnya.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji mengapresiasi aplikasi yang membuktikan bahwa Kalipucang Wetan termasuk Smart Village dan akan menjadi contoh untuk desa lain yang ada di Kabupaten Batang.

“Dengan adanya teknologi seperti ini di desa berarti menjawab problem masyarakat bukan menjadi masalah baru yang muncul,” ujar dia.

Bupati menyarankan kepada Kepala Desa Kalipucang Wetan agar aplikasi itu juga bisa membuat data penting lainnya seperti penerimaan program keluarga harapan dan data terpadu kesejahteraan sosial. Sehingga semua warga bisa tahu penerima manfaatnya dari program pemerintah.

Baca Lainnya :
DLH Batang Aktifkan Bank Sampah Uwuh Makmur

Diharapkan, aplikasi WKW bisa efektif seperti aplikasi Peduli Lindungi dengan ada barcode di setiap RT, nantinya akan terintegrasi dengan program Pemerintah Daerah.

banner 336x150
banner 120x600
  • Bagikan
banner 1458x180