banner 1200x250

Keren! Shuttlecock Industri Rumahan Warga Batang Tembus Pasar Internasional

Shuttlecock
Home industri Shuttlecock di Perum Widya Asri Blok B 24 Pasekaran, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Rabu (23/2/2022). Foto : Kominfo
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Belum banyak yang tahu jika Kabupaten Batang memiliki home industri shuttlecock untuk pertandingan bulutangkis Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua. Home Industri yang diberi nama IND Shuttlecock itu dibuat oleh tangan-tangan trampil warga Pasekaran Batang berstandar Internasional.

Bahkan kini produksi shuttlecock itu mampu menembus pangsa mancanegara dan sudah memilik sertifikat standar Badminton World Federation (BWF) dan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

banner 1200x250

“Ini sangat luar biasa walaupun diproduksi secara tradisional. shuttlecock sudah dipasarkan 30 Provinsi di Indonesia dan 5 negara,” kata Bupati Batang Wihaji saat mengunjungi home industri Shuttlecock di Perum Widya Asri Blok B 24 Pasekaran, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Rabu (23/2/2022).

Baca Juga : Karya Kartunis Muda Batang Diincar Hingga Amerika

Dengan permintaan pasar yang sangat tinggi, home industri shuttlecock milik Ahda Al Faizu itu membutuhkan tenaga kerja untuk mengejar target produksi.

“Saya sudah perintahkan Disperindaskop membuat pelatihan khusus pembuatan shuttlecock. Usai pelatihan bisa langsung dipekerjakan,” tegasnya.

Wihaji juga menyebutkan home industri shuttlecock IND omsetnya sudah mencapai Rp500 juta per bulan.

“Ini luar biasa, perputaran uangnya bisa mencapai 400 hingga 500 juta. Ini tergantung produksi tenaga kerjanya semakin banyak produksi omsetnya semakin banyak,” ungkapnya.

banner 1200x200