banner 1200x250

Kirab Merah Putih Meriahkan Hari Sumpah Pemuda di Batang

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, lepas Kirab Merah Putih di Desa Masin, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jumat (28/10/2022).
banner 1200x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Kanzus Sholawat Kecamatan Warungasem menggelar kirab bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-94. Dalam kirab bendera Merah Putih ini ada 500-an pemuda dari berbagai instansi dan organisasi kemasyarakatan yang ikut.

Para peserta kirab mengenakan seragam kebanggaan masing-masing. Mulai dari Banser, Pramuka, Pencak Silat, TNI, Polri, Basarnas dan lain sebagainya. Sebanyak 240 bendera Merah Putih diarak sejauh 7,6 kilometer. Dengan penuh semangat, para peserta menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

banner 1200x300

Kirab dilepas dari halaman Makam Syech Tholabudin menuju Alun-Alun Kota Pekalongan dilepas oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, di Desa Masin, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jumat (28/10/2022).

Baca Juga : Kanzus Sholawat Gelar Kirab Merah Putih Maulid Nabi Dari Warungasem Sampai Alun-Alun Kota Pekalongan

“Kirab ini rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan untuk mengingat serta meneladani akhlak Rasulullah yang harus dijadikan sebagai panutan dan keteladanan bagi umatnya,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkokoh rasa persatuan, kesatuan dan meningkatkan jiwa nasionalisme.

“Pawai bendera dimaknai sebagai wujud kecintaan terhadap NKRI. Oleh karena itu, saya mengajak kepada sluruh masyarakat untuk memaknai kegiatan ini sebagai bentuk cinta tanah air. Menjunjung nilai persatuan dan kesatuan demi mempertahankan keutuhan NKRI,” tegasnya.

Baca Juga : Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda 2021 Di Batang

Hadirnya berbagai kalangan ormas juga dimaknai untuk mempererat tali silaturahmi. Memberikan pendidikan bagi generasi muda agar tidak lupa pada para pahlawannya.

“Gerakan radikalisme juga bisa dibendung dengan memperkokoh persatuan dan kesatuan,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, di Warungasem pernah terjadi peristiwa sejarah yang perlu diingat oleh para pemuda.

“Tentara Indonesia bersama masyarakat Kecamatan Warungasem membuat pertahanan dan menyusun kekuatan untuk menghadapi penjajah. Bersama para ulama, mereka pun bergerak untuk melakukan pengusiran terhadap penjajah. Bendera Belanda yang berkibar pun dilepas dan diganti dengan bendera Merah Putih,” ujar dia.

banner 1200x300