banner 970x250

Klarifikasi Video Buatan MTs. Muhammadiyah Batang Bersifat Hiburan

  • Bagikan
Guru MTS Muhammadiyah Batang
banner 468x60

Batang Update, Batang – MTs Muhammadiyah Batang memastikan bahwa video pendek berjudul “Bukan Sekedar Guru” hasil karya para pendidik dan tim kreatif dibuat dengan tujuan untuk hiburan semata. Sebelumnya video tersebut telah menyabet Juara ke-2 Tingkat Nasional, Festival Video Pendek GTK Madrasah Tahun 2021.

Kepala MTs. Muhammadiyah Batang, Muhammad Akhirudin menyampaikan, beberapa waktu lalu ada salah satu bagian dari relawan COVID-19 yang mempertanyakan keaslian proses pembuatan video tersebut.

Pihaknya mencoba mengklarifikasi proses pembuatannya dengan bertemu langsung sekaligus mengirimkan surat kepada tim relawan pemakaman di Posko COVID-19, Kamis (12/8/2021).

“Kami sudah tabayyun dengan mereka, bahwa pembuatan video tersebut bersifat fiktif. Artinya rekayasa dan tidak sesuai dengan fakta,” kata Muhammad Akhirudin saat ditemui di MTs. Muhammadiyah Kabupaten Batang, Jumat (13/8/2021).

Baca juga : MTs Muhammadiyah Batang Juara 2 Festival Film Pendek Tingkat Nasional.

Dijelaskannya, beberapa bukti bahwa video itu memang fiksi dan bukan dokumenter untuk catatan sejarah. Di antaranya pemeran utama menggunakan nama samaran “Sukidi”, status tokoh dalam video sudah berkeluarga sedangkan tokoh aslinya masih lajang.

“Artinya antara dunia nyata dan di film sudah berbeda. Tokoh utama memang bukan relawan pemakaman COVID-19, karena ini hanya sebuah film fiksi,” jelasnya.

Ia memastikan video tersebut diambil bukan dari relawan, melainkan berasal dari video pribadi, sebagai dokumentasi keluarga.

“Ahli waris dari keluarga yang meninggal pun sudah mengizinkan dan tidak keberatan. Malah mereka senang bisa menjadi bagian dari pembuatan film tersebut,” terangnya.

Ia menambahkan, dari kalangan Muhammadiyah Batang pun memberikan dukungan sepenuhnya.

“Nggak masalah, kalaupun ada pihak-pihak yang tidak senang itu sudah biasa. Kemenag Batang juga mendukung dan jangan patah semangat,” tuturnya.

Sutradara video pendek “Bukan Sekedar Guru”, Khoirul Amar mengutarakan, video ini dibuat dengan mengambil kisah seorang pendidik yang mengabdikan dirinya di sekolah dan masyarakat memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk kepentingan sesama.

“Saat ini situasi masih pandemi, jadi tokoh “Sukidi” ini menjadi relawan pemakaman COVID-19,” katanya.

Proses produksi memakan waktu selama sepekan. Sedangkan pengambilan gambar hanya dalam sehari.

“Ngeditnya yang lama, setelah jadi durasi waktunya 2.59 menit. Karakter Sukidi diperankan oleh M. Maulana Malik, S. Pd yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam,” tutur pria yang juga berprofesi sebagai guru seni dan budaya.

Ia bersama tim kreatif bertekad untuk memproduksi film pendek lainnya yang lebih menginspirasi dan mengedukasi.

“Konsep pembuatannya sederhana yang mengangkat proses pembelajaran ditengah pandemi, atau tema-tema lain yang dekat dengan masyarakat,” tandasnya.

Menurutnya, sedikit polemik yang baru saja terjadi bisa diambil hikmahnya, bahwa ketika meraih keberhasilan, ternyata ada pihak lain yang kurang menyukai.

“Tapi kami coba untuk memahami, mungkin mereka punya alasan sendiri. Kami berusaha membalasnya dengan cara yang lebih beretika yakni mengirimkan surat kepada pihak tersebut,” imbuhnya.

Ditemui secara terpisah, Kepala Kantor Kemenag Batang, M. Aqsho mengresiasi prestasi yang diraih para pendidik di MTs. Muhammadiyah Batang, dalam Festival Video Pendek GTK Madrasah Tahun 2021.

“Ini luar biasa karena bersaing dengan madrasah seluruh Indonesia dan meraih juara 2. Ceritanya juga menarik, menceritakan kehidupan sehari-hari tentang seorang guru, yang “Bukan Sekedar Guru”,” ungkapnya.

Guru adalah seorang pendidik, yang tingkah lakunya menjadi teladan bagi anak didiknya. Tujuannya untuk menciptakan insan yang beriman, demokratis, cakap, kreatif dan bertanggungjawab.

“Mudah-mudah prestasi mereka menginspirasi guru dan semua siswa yang ada di madrasah. Ini jadi kebanggaan seluruh madrasah, Kemenag dan Kabupaten Batang serta Jawa Tengah,” ujar dia.

banner 336x150
banner 120x600
  • Bagikan
banner 1458x180