banner 1200x250

Lapak Peduli UMKM di Batang, Bantu Korban Erupsi Semeru

Avatar photo
banner 120x600
banner 468x60

 

Batangupdate.com, Batang – Paguyuban Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pusat Batang Berkarya (PUBER) membuka lapak peduli yang nantinya 50% dari keuntungan penjualan produk, akan disumbangkan untuk membantu korban letusan Gunung Semeru.

banner 1200x250

Program tersebut rencananya akan digelar mulai 20 Desember 2021 – 20 Januari 2022, dengan menyasar kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sarana publik dan pelosok desa.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahtraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Batang, Uni Kuslantasi Wihaji menyampaikan, aksi lapak peduli yang diinisiasi oleh PUBER ini merupakan bentuk kepedulian sosial yang cepat, sehingga para korban Semeru segera terpenuhi kebutuhannya selama di pengungsian.

Baca juga :

Durian Lokal Batang Diminati Pembeli Sampai 2 Kali Lipat

“UMKM di Batang menunjukkan rasa guyub rukun dan tidak hanya ingin mencari untung sendiri, tapi bersama-sama ingin membantu saudara-saudaranya yang sedang tertimpa musibah,” katanya, usai meninjau Gelar Lapak Peduli UMKM Batang, di halaman Pendapa, Kabupaten Batang, Senin (20/12/2021).

Sebelumnya, di awal masa Pandemi Covid-19, para pelaku UMKM sudah membuka lapaknya dengan program Nglarisi Dodolan, untuk membangkitkan perekonomian Batang.

“Sekarang karena ada bencana Gunung Semeru, pelaku UMKM bergerak cepat, meskipun kondisi mereka sama-sama terdampak pandemi. Namun justru ini yang membangun kepedulian mereka,” ungkapnya.

Baca juga :

Nelayan Batang Mendapatkan Hibah Mobil Pendingin

Ia bersama anggota TP PKK Batang berupaya mendukung sepenuhnya, agar semua pihak terbantu.

“Ada dua ibadah sekarang. Kalau dulu ibadahnya ikut membantu produk UMKM supaya cepat terjual, tapi sekarang ditambah kepedulian kita terhadap korban Semeru,” tegasnya.

Koordinator Gelar Lapak Peduli, Fari Astuti mengutarakan, secara tidak langsung konsumen yang membeli produk dari para UMKM, ikut mendonasikan bantuan kepada para korban bencana Semeru.

“Produknya beragam, ada kerajinan, makanan ringan, kopi dan teh khas Batang dan produk lainnya,” jelasnya.
Ia menambahkan, program ini akan berlangsung selama satu bulan, dan berpindah-pindah tempat, sehingga masyarakat lain di Kabupaten Batang bisa ikut mendonasikan sebagian rezekinya untuk para korban Semeru.

“Nanti kita akan membuka Lapak Peduli di Car Free Day (CFD), Alun-alun Batang, pasar-pasar, perkantoran dan sarana publik lainnya,” ujar dia.

banner 1200x200