banner 1458x375

Memperingati HUT RI di Tengah Pandemi, Refleksi Perjuangan Tegakkan Kedaulatan dan Kemandirian

  • Bagikan
Memperingati HUT RI Ke-76 tahun di halaman gedung Sekda Kota Pekalongan, Selasa (17/8/21)
banner 468x60

Batang Update, Pekalongan – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia,Pemerintah Kota Pekalongan menggelar Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76 Tahun 2021 secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,bertempat di Halaman Setda Kota Pekalongan, Selasa (17/8/2021).

Mengingat masih di tengah pandemi,kegiatan upacara yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 pagi ini diikuti maksimal 40 peserta dari perwakilan ASN,TNI,Polri dan instansi terkait lainnya.

Baca Juga : Pemkab Batang Gelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia.

Pada kesempatan tersebut,Walikota Pekalongan yang akrab disapa Aaf, membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah,Ganjar Pranowo.

Dalam amanatnya,ditekankan bahwa, di masa sekarang ini, pertempuran dalam medan dan cara yang berbeda juga terus kita alami.

Disamping melawan kemiskinan,kebodohan,narkoba,terorisme dan radikalisme, kita harus bertempur habis-habisan untuk menegakkan kedaulatan politik, menegakkan kemandirian, dan menegakkan kepribadian yang berkebudayaan.

“Tapi Sudahkah kita berdaulat? Sudahkah kita mandiri? Sudahkah kita memiliki pribadi berkebudayaan? Dan pandemi ini menjadi kaca benggala yang sempurna untuk kita menilai diri sendiri. Di satu sisi,Covid memang telah melumpuhkan kita. Tapi, di sisi lain,Covid justru menamparkan kesadaran bahwa perjuangan harus kita lakukan. Cita-cita kemandirian harus kita wujudkan,” tegas Aaf.

Lebih lanjut,jelas Aaf, kedaulatan dan kemandirian ini harus dilakukan di berbagai sektor. Tak lupa, Aaf juga menghaturkan apresiasi setinggi-tingginya kepada para tenaga kesehatan yang telah berjuang membantu melawan pandemi.

“Pihaknya berharap,semangat dan spirit kemanusiaan para tenaga kesehatan dalam menghadapi pandemi ini bisa menularkan semangat perjuangan kepada masyarakat luas agar bisa tetap pulih dan bangkit.” Jelasnya.

Perjuangan tenaga kesehatan dalam melawan pandemi ini sungguh luar biasa berat,maka pada momentum kemerdekaan ini,kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada mereka yang telah membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19,bahkan diantara mereka ada yang gugur saat menjalankan tugas.

“Oleh karena itu,semangat dan spirit mereka perlu kita tularkan untuk bersama-sama terus berjuang untuk pulih dan bangkit,seperti yang dikatakan Pak Gubernur dalam sambutan tadi, Jangan Loyo apalagi Nglokro,”tandasnya.

banner 336x150
banner 120x600
  • Bagikan
banner 1458x180