banner 1200x250

Nguri-uri Budaya, Komunitas Kesenian Rakyat Kabupaten Batang Gelar Kirab Barongan

Sebanyak 100 Barongan meriahkan kirab barongan di Desa Kemiri Timur, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang. Jumat (2/6/23) foto : Irul
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Nguri-uri kesenian dan budaya Jawa Tengah, Komunitas Kesenian Rakyat Kabupaten Batang menggelar kirab Barongan di Dukuh Bulu, Desa Kemiri timur, Kecamatan Subah,  Kabupaten Batang, Jumat (2/6/23).

Masyarakat membeludak menyaksikan gelaran Barongan yang merupakan kesenian khas Jawa Tengah.

banner 1200x250

Acara ini digelar dalam rangka merawat dan menghormati seni budaya Barongan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kebudayaan masyarakat Batang.

Baca Juga : Masyarakat Desa Silurah Gelar Tradisi Budaya Nyadran

Selain itu, menurut Ketua Panitia Kirab Singo Barong, Miftakhul Huda, kegiatan ini bertujuan untuk menguri-uri budaya dalam satu wadah komunitas kesenian rakyat Kabupaten Batang.

“Kirab ini juga menjadi wadah untuk memupuk dan melestarikan kebudayaan, khususnya seni Barongan di Kabupaten Batang, serta memberikan pelatihan tari Simo Gringsing, yang merupakan tarian khas dari kesenian rakyat Kabupaten Batang,” Terang Miftakhul Huda.

Tak hanya masyarakat setempat, acara kirab ini juga menarik perhatian wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Baca Juga : Desa Kecepak Gelar Sedekah Bumi dan Kirab Budaya sebagai Warisan Nenek Moyang

“Mereka terpesona oleh kemegahan dan keindahan Singo Barong yang dibuat dengan sangat teliti dan indah. Warna-warni dan hiasan yang menghiasi tubuh Singo Barongan memancarkan keceriaan dan semangat yang tinggi.” Jelasnya.

Kirab Singa Barongan juga diisi dengan berbagai penampilan seni dan budaya. Para penari Simo Gringsing menampilkan gerakan-gerakan yang khas dan memukau, menggambarkan keanggunan dan keindahan kesenian rakyat Kabupaten Batang.

Selain itu, atraksi musik tradisional juga turut memeriahkan acara tersebut.

Acara kirab ini berlangsung dengan lancar dan aman berkat kerja sama dan peran serta semua pihak yang terlibat, termasuk aparat keamanan dan pemerintah setempat.

banner 1200x200