banner 1200x250

Nusahada Telusuri Jejak Sejarah Kabupaten Batang, di Masa Kesultanan Mataram

Nusahada Bedah Sejarah Kabupaten Batang
Tim Nusahada Berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Dok. Istimewa
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Kabupaten Batang merupakan salah satu kabupaten termuda di Provinsi Jawa Tengah setelah Sukoharjo dan Magelang, Pada tanggal 8 April 2023 Kabupaten Batang baru memasuki umur Ke-57 tahun.

Namun apabila menengok jejak sejarah masa lampau, Kabupaten Batang usianya lebih dari itu.

banner 1200x250

Usai digelarnya diskusi mendalam demi membedah jejak sejarah Kabupaten Batang, di masa pemerintahan Kesultanan Mataram,

Sultan Agung Hanyokrokusumo, Yayasan Nusahada melakukan penelusuran dengan menemui Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat.

Baca Juga : Bukan 57 Tahun, Ini Usia Kabupaten Batang Versi Sejarawan

GBPH Yudhaningrat menyampaikan, pihak Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat memberikan akses bagi Pemkab Batang untuk mendapatkan kepastian hari jadinya secara akademis, sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara moral maupun kualitas.

“Kami akan bantu apa yang bisa bermanfaat di sana. Rakyat Batang apakah menghendaki hari lahir yang sesuai era Sultan Agung atau awal berdirinya Batang, kami mengikuti,” terang adik dari Sri Sultan Hamengkubuwana X itu, saat ditemui di kediamannya, Dalem Yudhanegaran, DI Yogyakarta , Sabtu (3/6/2023).

Baca Juga : Arkeolog Temukan Situs Candi Bata Tertua di Batang

Dalam arahannya, Gusti Yudha, sapaan akrabnya, mengimbau seluruh elemen masyarakat Batang memiliki pandangan yang sama, sehingga saat menemukan tanggal kelahiran Kabupaten Batang, semuanya nyaman dan tidak melanggar hukum.

banner 1200x200