banner 1200x250

Optimalkan Sudut Baca Desa Guna Memperluas Akses Pendidikan di Batang

Avatar photo
KKN Undip Batang
KKN TIM II Universitas Diponegoro (UNDIP) 2023 optimalkan sudut baca sebagai sarana untuk mendorong minat baca pelajar
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG  – Literasi merupakan keterampilan mendasar yang penting dalam memajukan pendidikan dan pengembangan masyarakat.

Di banyak daerah, termasuk Desa Randu, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, upaya untuk meningkatkan literasi menjadi prioritas.

banner 1200x250

Salah satu langkah yang diambil oleh Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro (UNDIP) 2023 adalah pengoptimalan sudut baca sebagai sarana untuk mendorong minat baca dan memperluas akses pendidikan.

Baca Juga : Solusi Atasi Sampah di Batang, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Sulap Limbah Plastik Bernilai Jual

Artikel ini akan membahas tentang upaya pengoptimalan sudut baca di Desa Randu, termasuk sosialisasi yang telah dilakukan oleh KKN TIM II UNDIP 2023 di SDN 01 Randu dan pengaktifan sudut baca di balai desa Randu.

  • Sosialisasi di SDN 01 Randu

Upaya meningkatkan literasi dimulai dengan pendekatan kepada generasi muda melalui pendidikan formal. SDN 01 Randu menjadi fokus awal dari program ini.

Sosialisasi dilakukan dengan melibatkan mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2023, guru dan siswa dalam rangkaian kegiatan. Beberapa kegiatan yang dilakukan meliputi:

1. Pengenalan Manfaat Literasi

Siswa diberikan pemahaman mengenai pentingnya literasi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk bagaimana literasi dapat membuka pintu peluang dan pengetahuan.

2. Kegiatan Membaca Bersama

Sesi membaca bersama diadakan untuk mendorong minat baca sejak dini. Buku-buku bervariasi disediakan agar siswa dapat memilih bacaan sesuai minatnya.

banner 1200x200