banner 1458x375

Panglima Iwan : Bangsa Yang Besar Wajib Tak Lupakan Sejarah

  • Bagikan
Hut TNI AL Ke-76 tahun
TABUR BUNGA : Panglima Koarmada II Laksda TNI,Dr Iwan Isnurwanto berziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Prawira Reksa Negara Kusuma Bangsa Kota Pekalongan, Minggu(3/10/2021).
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, Pekalongan – Menyambut Peringatan HUT TNI Angkatan Laut ke-76 tahun, jajaran TNI AL bersama Pemerintah Kota Pekalongan,Polres Pekalongan Kota,Kodim 0710/Pekalongan,dan instansi terkait lainnga menggelar upacara dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Prawira Reksa Negara Kusuma Bangsa Kota Pekalongan,Minggu (3/10/2021).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Panglima Koarmada II Laksda TNI,Dr Iwan Isnurwanto, dengan pasukan upacara yakni satu pleton pasukan dari Lanal Semarang, satu pleton Pasukan Marinir dan deputasi pasukan TNI, Polri, dan Ikatan Jalasenastri.

Panglima Koarmada II Laksda TNI,Dr Iwan Isnurwanto mengungkapkan bahwa, kunjungannya bersama jajarannya ke TMP adalah dalam rangka memperingati HUT TNI ke-76 yang diselenggarakan serentak pada tanggal 5 Oktober 2021 mendatang.

Baca Juga :
Keren! TNI AL Berikan Alat Tempur Untuk Diletakan di Batang

“Adapun kegiatan ziarah ini,selain digelar di TMP Prawira Reksa Negara Pekalongan, juga digelar kegiatan serupa di TMP daerah lain yakni TMP Kalibakung Tegal, TMP Penggarit Kabupaten Pemalang,TMP Kadilangu Batang,dan TMP Bahari Kuningan.” Tuturnya.

Di TMP tersebut terdapat para personel yang gugur dalam melaksanakan tugasnya mempertahankan NKRI.

“Salah satunya di TMP Prawira Reksa Negara Kota Pekalongan ini,terdapat 18 orang prajurit TNI Angkatan Laut terdiri dari 7 orang KKO AL (marinir) dan 11 orang personel pelautnya,” tuturnya.

Kegiatan ziarah, kata Panglima Iwan Isnurwanto, ke TMP tersebut perlu dilaksanakan karena sebagai bangsa yang besar tidak akan pernah melupakan sejarah.

Pihaknya berpesan kepada generasi muda sebagai penerus bangsa,meneruskan apa yang telah dicapai oleh para pendahulu.

“Sejarah itu salah satunya adalah bagaimana pengorbanan para pendahulu kita untuk mempertahankan Negara Indonesia tercinta. Dengan mengetahui dan mengingat para pahlawan,berarti kita mengingat akan jasa-jasa mereka,” Jelasnya.

Kita sebagai penerus bangsa harus meneruskan apa yang telah dicapai sebelumnya oleh para pendahulu kita untuk ditingkatkan ke depan.

“Semoga apa yang dilakukan hari ini dapat bermanfaat bagi perkembangan bangsa khususnya TNI Angkatan Laut,”tegasnya.

Sementara itu,Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid mengapresiasi sinergi antara Pemerintah Kota Pekalongan,TNI,Polri Forkopimda,dan instansi terkait lainnya dalam pelaksanaan ziarah HUT TNI ke-76 Tahun 2021.

Menurutnya,kegiatan ziarah ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan agar tidak melupakan sejarah.

“Kita berdiri disini dan pembangunan bangsa bisa berjalan sampai saat ini,apabila tanpa jasa-jasa pahlawan dan pejuang terdahulu semuanya mustahil terlaksana,” ucapnya.

Pihaknya menuturkan, generasi muda harus meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa. Jika zaman dulu,untuk mempertahankan bangsa,pahlawan harus berjuang dengan berperang melawan penjajahan.

Baca Lainnya :
Derbi Kali Kuto akan Tersaji pada Gelaran Liga 3 Jateng 2021

“Kalau sekarang berperang melawan pandemi Covid-19, budaya-budaya asing yang mudah masuk, berperang supaya generasi muda kita tidak terlalu kecanduan gadget yang didalamnya terkadang terdapat konten-konten yang berbahaya,”terangnya.

banner 336x150
banner 120x600
  • Bagikan
banner 1458x180