banner 1200x250

Peduli Lingkungan, Relawan Lakukan Normalisasi Sungai Di Kepuh

Avatar photo
Sejumlah relawan dan warga bersemangat membersihkan aliran sungai mampir di desa Kepuh, Kecamatan Limpung, Jum'at (01/10/21)
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, Limpung – Peduli Lingkungan, Forum Komunikasi Relawan yang dinamakan Sorban Wali Putih bersama Pemerintah Desa Kepuh, Forkopimcam Limpung dan Masyarakat melakukan kegiatan normalisasi sungai di Desa Kepuh, Kecamatan Limpung Kabupaten Batang, Jum’at (1/10/21).

Kepala Desa Kepuh, Ahmad Mubarok saat di temui di lokasi mengatakan, Kegiatan Kerja bakti saat ini merupakan kegiatan normalisasi sungai mampir atau Wangan mampir kalau bahasa PU-nya bibit 11.

banner 1200x250
Baca Juga :
Inovasi Rintisan Desa Wisata Religi Terintegrasi Wisata Agro Desa Kalisalak Limpung

“Ini dilakukan oleh masyarakat dan para relawan dari BPBD Batang serta dari berbagai unsur diantaranya, PMI, Banser, MDMC, Rifa’iyah, MRI-ACT, SAR FKAM, Jaga Baya, Pemuda Pancasila dan lainnya, Alhamdulillah yang dikerjakan sekitar 500 meter untuk dinormalisasi,” Ungkapnya.

Sungai ini sebenarnya untuk mengairi desa Pungangan sampai desa Luwung, cuma untuk sekarang dinormalisasi itu karena selama 2 tahun itu dari tahun 2020 kemarin bendungannya yang atas runtuh.

Sejumlah relawan beristirahat setelah melakukan normalisasi saluran sungai.

“Bendungan saat ini masih dibangun lagi, makannya kemarin selama 2 tahun ini airnya tidak mengalir sama sekali, dan untuk sekarang alhamdulillah sedikit demi sedikit sudah ada airnya,” Tuturnya.

Sungai perlu normalisasi dan kedepan Insya Allah ya kalau airnya sudah gampang dan sudah mengalir lagi ke depan Insyaallah tetap kontinu ada kegiatan seperti ini yang dilakukan oleh masyarakat desa.

Ia mengharapkan, dengan dilakukannya kegiatan seperti ini, nantinya bisa bermanfaat untuk para petani.

“Normalisasi saluran sungai ini dengan tujuan antara lain memperlancar aliran air untuk irigasi sawah,serta digunakan untuk upaya mencukupi kebutuhan lahan pertanian Desa.” Jelasnya.

Baca Lainnya :
Pajak Naik Sampai 400%, Nelayan Di Batang Menjerit

Karena yang bawah merupakan persawahan warga untuk yang mengairi desa kepuh sekitar 4 Hektare, untuk yang lainnya sampai desa pungangan dan desa luwung.

“Alhamdulillah para relawan dan warga dengan semangat membersihkan saluran sungai ini, dengan kegiatan ini aliran sungai sudah mulai  lancar.” Terangnya.

banner 1200x200