banner 1458x375

Pemerintah Izinkan Konser Musik Hingga Resepsi Nikah Skala Besar

  • Bagikan
Ilustrasi Konser [Shutterstock]
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, Jakarta РPemerintah telah mengizinkan kembali penyelenggaraan kegiatan berskala besar yang melibatkan banyak orang, termasuk konser musik dan resepsi pernikahan. Syaratnya, pihak-pihak terkait harus mematuhi pedoman pandemi Covid-19 yang ditetapkan.

Menteri Komunikasi dan Informasi, Johnny G, Piring, mengatakan pemerintah izinkan untuk menyelenggarakan kegiatan besar dengan kewajiban mengikuti pedoman yang telah ditetapkan.

Hal ini dilaksanakan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, khususnya di sektor pariwisata sejalan dengan situasi peningkatan pandemi COVID-19.

Baca Juga :
Diberi Upah Rp70 Ribu, Pria ini Habisi Nyawa Seorang Bocah Kelas 2 SD

“Mempertimbangkan perlunya kita mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif namun juga aman dari Covid-19, pemerintah kini dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan berskala besar yang melibatkan banyak orang,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, dalam siaran persnya melalui CNBC Indonesia dikutip Selasa (28/9/2021).

Kegiatan berskala besar merupakan kegiatan yang melibatkan sejumlah besar peserta atau undangan dari berbagai tempat. Misalnya, resepsi pernikahan, pesta, festival, konferensi, hingga konser musik.

Menurut Menkominfo Johnny, dalam pedoman penyelenggaraan kegiatan besar era pandemi Covid-19, terdapat 6 faktor risiko penularan yang harus dihindari saat kegiatan besar berlangsung, diantaranya adalah kondisi kasus Covid-19 di daerah tempat kegiatan berlangsung.

“Potensi penularan selama kegiatan di tempat umum akibat jarak antar partisipan dan buruknya sirkulasi udara. Durasi kegiatan yang lama, risiko penularan semakin tinggi. Tata kelola kegiatan dalam ruangan dengan sirkulasi udara buruk berpeluang lebih besar penularan.” Jelasnya.

Jumlah partisipan yang berpotensi penularan semakin besar. Pelaku partisipan yang belum vaksinasi secara penuh dan tidak menjalankan protokol kesehatan secara disiplin dapat meningkatkan peluang penularan.

Baca Lainnya :
HMJ KPI IAIN Pekalongan Berkunjung Ke Radio Abirawa FM Batang

“Izin penyelenggaraan pertemuan atau kegiatan besar dapat diberikan selama kasus Covid-19 terkendali. Selain itu penyelenggaraannya juga harus didukung kesiapan yang matang serta komitmen penyelenggara dalam mengutamakan kesehatan dan keselamatan setiap orang yang terlibat.” Terangnya.

banner 336x150
banner 120x600
  • Bagikan
banner 1458x180