banner 1458x375

Penjualan Motor dan Mobil Yang Pakai Bensin Akan Setop di Indonesia

  • Bagikan
Penjualan Motor dan Mobil Yang Pakai Bensin Akan Setop di Indonesia
Penjualan Motor dan Mobil Yang Pakai Bensin Akan Setop di Indonesia (Dok/Pertominer)
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral  (ESDM) Arifin Tasrif akan memberhentikan penjualan motor konvensional berbahan bakar bensin pada 2040 mendatang. Selanjutnya, penjualan mobil dengan bensin juga dihentikan pada 2050.

Upaya ini untuk mewujudkan nol emisi karbon atau net zero emission (NZE) telah mulai dilakukan sejak tahun ini secara bertahap. Adapaun prinsip-prinsip yang akan diwujudkan terdapat lima diantaranya adalah peningkatan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT), kendaraan listrik di sektor transportasi, pengurangan energi fosil, pemanfaatan Carbon Capture and Storage (CCS), dan peningkatan pemanfaatan listrik pada rumah tangga dan industri.

“Kami telah menyiapkan peta jalan transisi menuju energi netral mulai tahun 2021 sampai tahun 2060 dengan beberapa strategi kunci,” ujar Arifin.

Baca Juga :
Sebanyak 45 Peserta Duta Wisata Pekalongan Diuji Pengetahuan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut dalam 2 hingga 3 tahun ke depan mobil listrik akan mulai populer digunakan masyarakat Indonesia.

Pemerintah pun memberikan berbagai insentif agar produksi mobil listrik dan suku cadangnya bisa dilakukan di dalam negeri. Termasuk dengan melarang ekspor nikel mentah dan mendorong investor atau Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) mendirikan industri pengolahan dalam negeri.

“Kita stop ekspor bahan mentah dan kita paksa, entah BUMN, entah swasta kita atau investor, untuk mendirikan industrinya di dalam negeri,” kata Jokowi di Istana Negara yang dilansir melalui industry.co.id pada Jum’at (15/10/2021).

“Dan nanti Bapak, Ibu bisa lihat 2 atau 3 tahun lagi yang namanya mobil listrik akan mulai bermunculan dari negara kita,” tambahnya.

Baca Lainnya :
Mencegah Abrasi, Polres Batang Tanam 60 Ribu Mangrove

Arifin juga menjelaskan pemerintah akan mengeluarkan regulasi dalam bentuk Peraturan Presiden terkait EBT dan retirement coal pada tahun 2021. Hal tersebut dimaksudkan sebagai tahapan pemerintah untuk menuju capaian target nol emisi atau net zero emission (NZE).

banner 465x150
banner 120x600
  • Bagikan
banner 1458x180