Warning: Undefined array key "icon_types" in /var/www/vhosts/batangupdate.com/http/batangupdate.com/wp-content/plugins/menu-icons/includes/settings.php on line 81
Peran Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah
banner 1200x250

Peran Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah

Avatar photo
ilustrasi sampah plastik. youmatter.world
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COMSampah merupakan suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber aktifitas manusia maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomis dan akan memiliki nilai ekonomis ketika di kelola dengan tepat.

Sampah berasal dari rumah tangga, pertanian, perkantoran, perusahaan, rumah sakit, pasar, dan sebagainya. Secara garis besar, sampah dapat di bedakan menjadi sampah organik dan anorganik selain itu juga ada sampah yang berbahaya seperti baterai, botol racun nyamuk, dan jarum bekas suntik.

banner 1200x250

Perlu diketahui, permasalahan sampah di Indonesia belum menemukan titik temu pemecahan permasalahannya. Semakin banyaknya limbah sampah yang dihasilkan oleh masyarakat, kurangnya tempat sebagai pembuangan akhir sampah dan kurangnya kesadaran dari masyarakat.

Baca Juga : Sampah Berkeliaran Wisatawan Mulai Raib Kesadarannya

Bau menyengat tak sedap, kumuh berserakan merupakan pemandangan yang sering kita temui, Sampah sebagai tempat berkembang dan sarang dari serangga dan tikus, menjadi sumber polusi dan pencemaran tanah, air dan udara, menjadi tempat hidup kuman-kuman yang membahayakan kesehatan.

Untuk menangani permasalahan sampah secara menyeluruh perlu dilakukan alternatif-alternatif pengelolaan, dimana dalam pelaksanaanya membutuhkan peran seluruh lapisan masyarakat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Metode pengelolaan sampah yang dapat dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat adalah dengan metode 3R yaitu, Reduce, Reuse, Recycle yang terdiri dari tiga unsur yaitu mengurangi, menggunakan ulang dan mendaur ulang.

1. Reuse (Menggunakan ulang)

Sebagai masyarakat yang bijak, kita harus pandai memilah-milah wadah yang kita gunakan agar bisa digunakan berulang-ulang.

Implementasinya dapat dilakukan dengan menggunakan tas belanja daripada menggunakan kantong plastik.

Baca Juga : Hari Peduli Sampah Nasional, Siswa SMAN 1 Bandar Adakan Bersih Pantai

Hal tersebut terlihat sepele, namun jika di lakukan jangka panjang oleh banyak lapisan masyarakat maka akan terasa dampaknya. Dengan melakukan hal kecil seperti itu kita telah melakukan diet sampah plastik.

2. Reduce (Mengurangi)

Peran masyarakat dalam mengurangi sampah sangat diperlukan untuk mengurangi penggunaan produk yang nantinya berpotensi menjadi sampah. Implementasinya kita sebagai masyarakat berlatih untuk membawa botol minum dan alat makan yang berbahan dasar atom ketika berpergian. Sehingga dapat mengurangi jumlah sampah botol kemasan dan styrofoam.

3. Recycle (Mendaur ulang)

Mendaur ulang berarti mengolah kembali sampah sehingga menghasilkan nilai ekonomis. Contohnya membuat pupuk kompos dengan menggunakan sampah organik yang di fermentasi dengan cairan EM4.

Pengelolaan sampah dilakukan untuk memulihkan sumber daya alam. Perlunya dukungan yang bisa dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat dari hal yang sederhana untuk mencapai hasil yang maksimal.

Jika hal ini dilakukan secara konsisten akan dapat memberikan dampak yang positif bagi permasalahan sampah disekitar. Hal lain yang bisa dilakukan oleh kita dengan memisahkan jenis-jenis sampah di pembuangan akhir agar dapat dikelola dengan baik.

Baca Lainnya : Kreatif, Besek Bambu Bekas Dijadikan Action Figure Superhero Bernilai Jual Tinggi

Maka dari itu, mari cintai lingkungan dengan cara melakukan 3R kamu tidak sendiri, kamu, aku dan kita semua melakukanya untuk Indonesia yang bersih, Indonesia yang sehat. Yuk pastikan lingkungan sekitar kita bersih dari sampah.

 

 

 

banner 1200x200