banner 728x250
Sosial  

PMI Batang Kebut Bedah Rumah dalam Menanggulangi Kemiskinan

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang Achmad Taufiq Serahkan Bantuan Bedah Rumah
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Sudah sejak lima tahun ke belakang Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang menggalakkan program bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Program bedah rumah yang dilakukan PMI Kabupaten Batang merupakan kegiatan ekspanasi kegiatan sosial yang sangat membantu pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan.

banner 325x300

Baca juga :

PMI Libatkan Masyarakat dalam Pencegahan dan Pengendalian Wabah

Mantab! PMI Batang Menjadi Pusat Rujukan PMI Pusat dan American Red Cross

Ketua PMI Batang Achmad Taufiq mengatakan, sampai saat ini (29/3/2022) program bedah rumah sudah menyasar di 5 kecamatan, yakni Kecamatan Batang, Kecamatan Limpung, Kecamatan Kandeman, Kecamatan Reban dan Kecamatan Gringsing dengan total 6 rumah yang sudah direhab.

Semula program tersebut, lanjut dia, diberikan untuk satu rumah tiap kecamatan, namun pihak kecamatan menyarankan agar lebih dari satu rumah karena banyaknya rumah yang perlu direhab.

Baca juga :Angin Puting Beliung Terjang Batang, Bidan Desa Tewas Tertimpa Pohon

Kyai Hasan Surgi Jatikusumo Sang Pejuang di Batang

“Permintaan dari masyarakat makin banyak, karena program ini sangat efektif, ketika RTLH ini digarap oleh PMI, semua komponen seperti anggota Polsek, Koramil, dan relawan PMI bekerja sama untuk membantu, sehingga makin ringan dan mempercepat proses bedah rumah,” jelasnya.

Pra-program bantuan RTLH pihak PMI menyiapkan bantuan dana sebesar Rp10 juta untuk tiap rumah.

BACA LAINNYA : WBP Kelas IIB Batang Ikuti Pelatihan Tata Boga Bersertifikat

“Setiap kecamatan bisa mengajukan dua bahkan lebih untuk yang perlu dilakukan bedah rumah,” pungkasnya.

Masyarakat merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan dari PMI Batang. Misalnya, Napsiah, Warga Desa Sukorejo, Kecamatan Limpung itu mengatakan, rumahnya dulu sering bocor saat hujan. Selain itu, atap dan kayu juga sudah sangat rapuh sehingga ia khawatir saat hujan.

“Alhamdulillah dengan bantuan ini, ketika hujan saya tidak merasa khawatir, tidak takut roboh dan atap sudah tidak bocor lagi,” ungkapnya.

banner 325x300