banner 1458x375

Remaja Harus Pandai Memilah Sampah Organik Dan Anorganik

  • Bagikan
Duta Pepeling Asih : Sidik Prasetyo melakukan sosialisasi cara memanfaatkan sampah plastik di SMPN 3 Kabupaten Batang, Sabtu (25/9/2021).
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, Batang – Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepeling Asih) Jawa Tengah 2021, Sidik Prasetyo melakukan sosialisasi untuk mengajak para remaja pandai memilah sampah antara organik, anorganik maupun residu.

Sebelumnya, remaja yang saat ini duduk bangku kelas XII SMKN Jawa Tengah, Program Studi Agribisnis Pengolahan Pertanian itu, telah bersama sejumlah pelajar memilah ketiga jenis sampah, sebelum diolah.

Baca Juga :
Persibat Batang Lakukan Persiapan Matang Hadapi Liga 3 2021

“Kegiatan ini merupakan program kerja saya yakni pilah sampah dari rumah dan untuk pengambilan sampah anorganik. Nantinya sampah dari sini diangkut, lalu dibentuk paving blok berbahan dasar plastik,” katanya, saat ditemui di halaman SMPN 3 Kabupaten Batang, Sabtu (25/9/2021).

Untuk membuat satu buah paving blok memerlukan satu karung sampah plastik. Saat ini masih dibentuk untuk membuat penyangga pot bunga di rumah dan belum berorientasi pada ekonomi.

Olahan lain, lanjut dia, yang berbahan dasar plastik, yaitu minyak sebagai bahan bakar. Kemudian dalam jangka waktu tertentu akan menjadi lilin.

“Untuk pembuatan paving blok sudah saya praktikkan di Desa Klidang Lor dan Kelurahan Kasepuhan berkerja sama dengan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Itu dilakukan karena warga setempat banyak yang belum memiliki kesadaran untuk buang sampah di tempatnya,” jelasnya.

Perlu diketahui, setiap hari tiap individu menghasilkan 0,75 kilogram sampah. Tetapi dalam realitanya, ketika masyarakat diminta untuk mengumpulkan sampah dan mendonasikannya, justru sangat sulit.

“Untuk merealisasikan program itu di masyarakat, membutuhkan relasi yang kuat. Saya berusaha menanamakan kepercayaan dengan terus menyosialisasikannya mulai dari remaja hingga Tim Penggerak PKK,” ungkapnya.

Sementara ini, hanya berfokus pada dua daerah tersebut, karena paling memerlukan perhatian lebih untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pemilahan dan pengolahan sampah.

banner 336x150
banner 120x600
  • Bagikan
banner 1458x180