banner 1200x250
Berita  

Sambut Hari Batik Nasional, Museum Batik Pekalongan Bakal Gelar Lomba Membatik dan Vlog

Museum Batik Pekalongan
Bagian Program dan Kerja Sama Museum Batik Pekalongan, Fajar Dewa.
banner 120x600
banner 468x60

Batang Update, Pekalongan – Menjelang momen Hari Batik Nasional (HBN) yang jatuh pada 2 Oktober mendatang, Museum Batik Pekalongan bakal menggelar lomba membatik dan vlog pada akhir September 2021 ini.

Selain meramaikan momen HBN, melalui lomba tersebut Museum Batik Pekalongan ingin menggeliatkan batik di tengah pandemi Covid-19.

banner 1200x250

Hal itu diungkapkan Bagian Program dan Kerja Sama Museum Batik Pekalongan, Fajar Dewa saat ditemui di museum setempat, Senin (6/9/2021).

Baca juga: Disnaker Batang Gelar Pelatihan Kewirausahaan, Upaya Peningkatan Wirausaha Mandiri

“Mekanisme pelaksanaan lomba membatik yakni seluruh proses dikerjakan dari rumah, ke museum hanya untuk mengambil perlengkapan. Jadi nanti pengerjaan batik di rumah disertakan bukti video pengerjaan 2 menit,” terang Dewa.

Disebutkan, dalam lomba ini terdapat beberapa katerogi. Kategori TK 100 orang, SD 50 orang, SMP 50 orang,SMA 30 orang, dan umum 50 atau dibuat tak terbatas.

“Tema lomba yang diusung masih dengan tema lama yakni Bangkitlah Batik Indonesia,” jelas Dewa.

Selanjutnya untuk lomba vlog ada dua kategori yakni pelajar dan umum. Tema lomba ini tak hanya mengenai museum batik tetapi juga disisipkan sentra kegiatan batik, pasar, dan kampung kawasan batik.

“Dalam vlog ini yang penting ada seruan untuk bangkit melestarikan batik Indonesia,” pungkasnya.

banner 1200x200