banner 1200x250

Satpol PP Dan Linmas Batang Masih Kekurangan Personel

Avatar photo
Satpol PP
Apel memperingati Hari Ulang Tahun ke-72
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merayakan Hari Ulang Tahun ke-72, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-60 dan Pemadam kebakaran (Damkar) ke-103 dengan Apel bersama yang di pimpin Bupati Batang Wihaji, di Jalan Veteran Kabupaten Batang, Rabu (2/3/2022).

Dengan bertambahnya jumlah penduduk yang berbanding terbalik dengan jumlah personel Satpol PP dan Satlinmas, membuat Pemkab Batang berupaya menambah personel, dalam menunjang tugas-tugasnya.

banner 1200x250

Bupati Batang Wihaji menyampaikan, selama ini jumlah personel dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat masih dikatakan kurang.

Baca Juga : Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Malam Suci HUT RI Ke-76

Baca Juga : Satpol PP Bongkar 13 Reklame Ilegal di Pekalongan

“Memang jumlah personel Satpol PP dan Limmas kami masih kurang, sementara jumlah penduduk terus bertambah. Mereka harus melayani 248 desa, saat ada aduan yang butuh pelayanan cepat, sedangkan personel sedikit, pasti ada kendala,” terang Wihaji.

Ia menegaskan, Pemkab memberikan perhatian utama kepada Satpol PP dan Linmas yang jumlah belum mencukupi. Tapi untuk Damkar personelnya sudah mencukupi.

“Sebelumnya kami pernah mengajukan permohonan penambahan personel melalui CPNS  maupun P3K, namun belum bisa terealisasi,” ujarnya.

Nantinya akan dilakukan penghitungan secara rasional, berapa kebutuhan kesejahteraan, sehingga ini menjadi catatan, apabila keuangan Pemda mencukupi dapat diusulkan.

Ia menambahkan, penertiban terhadap munculnya fenomena anak punk, Pemkab melalui Satpol PP terus dilakukan secara intensif dan humanis.

“Bukan kita anti terhadap mereka, tetapi ditertibkan supaya tidak menjadi masalah di kemudian hari,” tegasnya.

Baca Juga : Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda 2021 Di Batang

Terkait sebagian anak-anak usia sekolah yang terjerumus menjadi anak punk, ia menerangkan, bahwa itu sebuah permasalahan sosial.

“Kalau ditemukan anak-anak itu kami bina dengan mengedepankan kemanusiaan lalu dikembalikan ke orang tuanya,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Satpol PP kabupaten Batang Ahmad Fathoni mengatakan.

“Kalau tiap kecamatan itu lima orang, berarti kita butuh 75 personel tambahan. Namun kita tetap harus menyesuaikan dengan pendapatan daerah, maka untuk sementara personel yang ada dioptimalkan dulu 32 orang,” katanya.

Baca Kriminal : Modus Tanya Alamat, Pelaku Jambret Hp Anak Dihajar Massa Hingga Babak Belur

Ia memastikan, dalam waktu bulan depan, akan ada penambahan personel sebanyak lima orang untuk posisi PNS.

“Semuanya lulusan sarjana. Dan yang perlu ditekankan karena Satpol PP itu wajib memahami 30 Perda, maka dibutuhkan pribadi yang gemar belajar dan cerdas,” tegasnya.

Hingga dua tahun ke depan, Satpol PP belum dapat mengusulkan penambahan personel melalui P3K, karena akan menghadapi Pilkades tahun 2022 dan Pilkada Serentak di tahun 2024.

Baca Lainnya : Perbaikan Jalan RE Martadinata dan Jalan Pattimura Diharapkan Selesai Sebelum Idul Fitri

“Insyaallah kalau kita kerja maksimal dan ikhlas Allah akan memberkahi,” tandasnya.

banner 1200x200