Warning: Undefined array key "icon_types" in /var/www/vhosts/batangupdate.com/http/batangupdate.com/wp-content/plugins/menu-icons/includes/settings.php on line 81
Sebanyak 96 Peserta Berhasil Lulus Pelatihan Kerja
banner 1200x250

Sebanyak 96 Peserta Berhasil Lulus Pelatihan Kerja

Disnaker Batang Berhasil Meluluskan 96 Peserta pelatihan kerja.
banner 120x600
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, BATANG – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Batang, menggelar acara penutupan program pelatihan kerja dengan anggaran DBCHT di Aula Disnaker Kabupaten Batang, Selasa (6/9/2022).

Sasaran pelatihan kali ini adalah masyarakat buruh rokok, keluarga petani tembakau, dan masyarakat umum yang sesuai peraturan berlaku.

banner 1200x250

Jenis pelatihannya berupa Desain Grafis, Menjahit, Pendingin AC, Otomotif, Elektronika Industri, dan Las Plate, diikuti 96 orang peserta dengan dana bersumber dari DBCHT.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, Disnaker Kabupaten Batang mempunyai program pelatihan yang bertujuan melatih masyarakat kita dengan kriteria yang sesuai peraturan berlaku lewat sistem seleksi.

“Pelatihannya meliputi Desain Grafis, Menjahit, Pendingin AC, Otomotif, Elektronika Industri, dan Las Plate dengan peserta ada 96 orang,” jelasnya.

Keterampilan pelatihan menggunakan empat tempat yaitu SMK 1 Warungasem, SMK 1 Blado, SMK Bhakti Praja dan BLK Kabupaten Batang sesuai jurusan masing-masing.

Tujuannya setelah melakukan pelatihan ini para peserta dapat mempunyai skill atau kompetensi yang nantinya digunakan untuk modal bekerja.

“Tidak sekedar pelatihan semata, tetapi juga diuji kompetensinya supaya bisa melihat apakah peserta pelatihan benar-benar memahami kompetensi yang diajarkan,” tegasnya.

Hasilnya, lanjut dia, uji kompetensi para peserta lulus semuanya dan berhasil mendapatkan sertifikasi BNSP modal untuk mereka mendaftar kerja sesuai kompetensinya.

“Jika peserta ingin berwirausaha juga bisa apalagi pelatihan seperti pendingin AC, Elektronika Industri dan Menjahit masih banyak dibutuhkan jasanya di lingkungan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Batang Suprapto menambahkan, peserta yang lulus dari pelatihan ini pengarahan dari kita ada dua yakni kerja dan usaha mandiri.

Beberapa perusahaan sudah ada kerjasama dengan kita untuk mengambil tenaga kerjanya dari hasil pelatihan. Saat ini yang banyak permintaan pelatihan menjahit membutuhkan tenaga kerja adalah PT. Batang Apparel dan PT. Sukorintek.

“Untuk peserta pelatihan lainnya nunggu pembukaan lowongan kerja dari perusahaan. Makanya kita minta untuk membuat akun batang career sewaktu-waktu ada lowongan perusahaan yang masuk bisa langsung mendaftar,” ujar dia.

banner 1200x200