banner 1458x375

Tanah Longsor Timpa Rumah Warga Sigemplong Bawang

  • Bagikan
Tanah Longsor
Camat Bawang, Khofidhin bersama BPBD Kabupaten Batang meninjau tanah longsor di Desa Sigemplong Kecamatan Bawang Kabupaten Batang, Selasa (2/11/21)
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, Bawang – Hujan lebat yang mengguyur Desa Sigemplong Kecamatan Bawang Kabupaten Batang pada senin sore tanggal 1 November 2021 pukul 17.30 WIB mengakibatkan tanah longsor.

“Hari senin sudah terjadi bencana, sekarang kita bersama Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang saat ini sedang melakukan pengecekan lokasi tanah longsor,” kata Camat Bawang Khofidhin saat ditemui di Desa Sigemplong, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Selasa (2/11/2021).

Baca Juga : Antisipasi Musim Penghujan, BPBD Batang Lakukan Upaya Mitigasi Dini

Masyarakat yang terdampak tanah longsor diberikan bantuan dari Palang Merah Indonesia (PMI) berupa uang tunai dan ada juga dari relawan yang membantu tenaga untuk memperbaiki rumah di RT 4 atas nama fahrurozi yang terdampak tanah longsor.

“Sekarang kondisi sudah dibersihkan tanahnya dan penghuninya sementara mengungsi.” Jelasnya

Kejadian tanah longsor ini Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya beberapa jalan yang kemarin tidak bisa dilalui.

“Tetapi saat ini dengan menggunakan alat berat dari Pemerintah Kabupaten Batang sudah melakukan pengerukan lahan sehingga sudah bisa dilewati semua,”kata Khofidhin.

Kemudian, lanjut dia, untuk jalur ke arah Dieng kita menyarankan Pemerintah Desa agar memberikan tanda supaya pengendara angkutan berat yang lewat supaya berhati-hati karena bahaya sekali yang melewati jalan itu.

“Saya berpesan supaya sementara angkutan berat jangan lewat Jalan Desa Sigemplong arah Dieng, karena sangat berbahaya kondisi dibawah tanahnya mulai longsor,” harapnya.

Dampak tanah longsor untuk area pertanian berkisar lebarnya 5 meter dan panjang 10 meter jadi kerugianya tidak ada. Tetapi untuk kerugian rumah yang tertimpa tanah longsor berkisar antara Rp5.000.000,00 sampai Rp7.000.000,00 karena temboknya cuma retak dan bergeser sedikit.

Baca Lainnya : Persibat Batang Kalahkan Persipur Purwodadi 2-1

“Daerah atas yang memang curah hujan tinggi jadi rawan terjadi bencana, kita dari Kecamatan selalu memberikan imbauan kepada masyarakat bila hujan lebat harus bersiaga,” ujar dia.

banner 465x150
banner 120x600
  • Bagikan
banner 1458x180