banner 1458x375

Waspada Bencana : BPBD Batang Ajak Masyarakat Gunakan Aplikasi inaRISK

  • Bagikan
Aplikasi Android : inaRISK personal memiliki beberapa menu informasi bahaya yang ada disekitar kita. Dok (B-U/Khairul)
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, Batang – Di zaman era digitalisasi dimana semua kegiatan bisa dilakukan dengan cara yang lebih canggih. semua informasi dengan mudah dan cepat dapat diperoleh serta disebarluaskan dengan aplikasi di smartphone pintar.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang mensosialisasikan aplikasi yang digunakan untuk melihat daerah rawan bencana untuk memberikan edukasi dan pengetahuan pengurangan resiko bencana.

Baca Juga :

BPBD Batang, 12 Desa Di Batang Rawan Banjir

“Aplikasi ini bernama inaRISK Personal yang dikembangkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana dengan dukungan dari Kementrian ESDM, Kementrian PU-Pera,dan BMKG serta lembaga lainnya,” kata Kepala BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi saat ditemui di Kantor BPBD Kabupaten Batang, Kamis (16/9/2021).

Dijelaskannya, aplikasi ini bisa melihat potensi daerah yang rawan banjir jadi masyarakat bisa siap-siap mengantisipasinya dengan hanya memencet info bahaya

Disitu, lanjut dia, juga ada edukasi harus bagaimana jika kita terkena banjir dan apa saja yang harus dipersiapkan langkah-langkahnya ada jadi masyarakat tidak usah panik dan bingung.

“Aplikasi inaRISK Personal sudah ada di Google Playstory untuk gawai android. Masyarakat Kabupaten Batang harus mendownload aplikasi ini karena sangat bermanfaat sekali apalagi yang tinggal di daerah rawan bencana,” jelasnya.

Kabupaten Batang sendiri sudah terintegrasi oleh aplikasi ini, jadi bisa langsung dilihat, misalkan daerah Kelurahan Karangasem Utara yang rawan banjir. Datanya sendiri di update setengah jam sekali perkiraan cuaca atau bencananya.

“inaRISK Personal akan terus memenuhi pembaharuan data, informasi, dan metodologi yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat,” imbuhnya.

Baca Lainnya :

Ratusan Santri PM Tazakka Jalani Vaksinasi COVID-19

Diharapkan, dengan aplikasi ini dapat mewujudkan Kabupaten Batang menjadi tangguh menghadapi bencana.

banner 465x150
banner 120x600
  • Bagikan
banner 1458x180