banner 1458x375

Wilayah Perencanaan Gringsing Mulai Disusun

  • Bagikan
Rapat RDTR
Rapat Rencana Detail Tata Ruang wilayah perencanaan Gringsing Kabupaten Batang di Hotel Sendang Sari Kabupaten Batang, Senin (11/10/2021). (Foto: batangkab.go.id)
banner 468x60

BATANGUPDATE.COM, Batang – Ditjen Tata Ruang menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pertama dan Konsultasi Publik Pertama untuk Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) wilayah perencanaan Gringsing Kabupaten Batang di Hotel Sendang Sari Kabupaten Batang, Senin (11/10/2021).

Kasubdit Perencanaan Detail Tata Ruang Kawasan Sosial Wilayah 1 Ditjen Tata Ruang Nuki Harniati mengatakan, kegiatan FGD Pertama dan Konsultasi Publik Pertama pada hari ini untuk menjaring isu-isu kewilayahan dan isu pembangunan berkelanjutan strategis dalam kegiatan analisis penyusunan konsep RDTR Kawasan Perencanaan Gringsing.

Baca Juga :
250 Rumah Warga Terdampak Banjir Di Sekitar KIT Batang

“Tujuan dalam penyusunan konsep RDTR Kawasan Perencanaan Gringsing adalah menyusun rencana detail tata ruang di Lokasi OSS yang telah disepakati di Kabupaten Batang.”Tuturnya.

Output sendiri nantinya seperti dokumen foto dan analisa rencana detail tata ruang, dokumen materi teknis rencana detail tata ruang.

“Rancangan peraturan Kepala daerah dan kajian kebijakan tentang RDTR, album peta digital skala 1:5000 rencana detail tata ruang, dan dokumen kajian lingkungan hidup strategis.”jelasnya.

Setelah kesepakatan penyusunan ini dibuat dan disetujui maka muncul tiga manfaat diantaranya untuk memberikan kepastian hukum bagi K/L dan pemangku kepentingan lainnya dalam pemanfaatan ruang di kawasan perencanaan.

“Memberikan kepastian hukum bagi Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, dan masyarakat dapat mengetahui gambaran spasial dalam pemanfaatan ruang untuk pembagunan, investasi, dan aktivitas lainnya.” Terangnya.

Sementara itu, Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Kabupaten Batang Wondhi Ruki Trisnanto mengatakan, bahwa hari ini kita sedang menyusun konsep RDTR Kawasan Perencanaan Gringsing.

“Karena dari Pemerintah Kabupaten Batang tidak mempunyai anggaran, maka dari itu kita mendapatkan bantuan dari Ditjen Tata Ruang untuk melakukan RDTR Wilayah Perencanaan Gringsing.”ujarnya.

Wilayah yang dipilih sendiri mempunyai potensi yang sangat besar karena ada Kawasan Industri Batang dikawasan ini. Sehingga detail tata ruangnya harus menyesuaikan agar kedepannya sinkron dengan Kawasan Industri Batang.

“Urgensi penanganan penataan Wilayah Perencanaan Gringsing dilihat adanya pengembangan Kawasan Industri Batang akan menjadi faktor pendorong perkembangan di sekitar dengan mengembangkan pusat pelayanan.”ungkapnya.

Perlunya juga, kata dia, penyediaan dan penataan infrastruktur di Wilayah Perencanaan Gringsing karena bisa dipastikan kepadatan penduduk yang datang semakin meningkat.

Baca Lainnya :
Inovasi Aplikasi WKW Pemdes Kalipucang Wetan

“Penyusunan yang kita susun ini persetujuan bersama dengan mempertimbangkan hal positif dan negatifnya agar masyarakat tidak mendapatkan dampak negatif pada kedepannya.”pungkasnya.

banner 336x150
banner 120x600
  • Bagikan
banner 1458x180